id Indonesian

HMJ Manajemen Gelar Bakti Sosial

[www.uinsgd.ac.id] Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMJ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan bakti sosial selama tiga hari yaitu dari hari Senin sampai Rabu (9-11/6/14) di Babakan Jambu Aer RT 01 RW 06 Desa Sindulang,Cicalengka,Kabupaten Bandung. Acara ini diikuti oleh segenap pengurus HMJ Manajemen dan perwakilan dari setiap kelas yang ada di Jurusan Manajemen. Acara bakti sosial ini merupakan salah satu program kerja dari HMJ Manajemen Bidang Kerjasama Penelitian Pengabdian Masyarakat (KPPM) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. “Sesuai dengan tema acara, tujuan dari bakti sosial ini yaitu  untuk membentuk karakter mahasiswa yang peduli akan lingkungan sosial”. Ungkap Dendi Kurniawan selaku ketua pelaksana acara bakti sosial ini.

Selama tiga hari bakti sosial ini diisi oleh berbagai acara, dimulai dengan pembukaan acara Bakti Sosial yang dilaksanakan di Balai Desa oleh perwakilan dari Kepala Desa, lalu dilanjutkan dengan sosialisasi kepada warga sekitar tentang acara bakti sosial yang dilaksanakan oleh HMJ Manajemen UIN Bandung dan pada malam harinya dilaksanakan pengajian bersama anak-anak dari warga sekitar. Pada hari kedua diisi dengan acara kunjungan ke salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Desa Sindulang untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar terus belajar dan melanjutkan pendidikan karena menurut informasi dari Kepala Desa banyak anak-anak yang putus sekolah dengan alasan biaya dan jarak dari rumah ke sekolah yang cukup jauh.

Acara Bakti Sosial ini juga diisi dengan acara games dan lomba untuk anak-anak seperti lomba mewarnai, membuat kaligrafi, lomba cerdas-cermat, peragaan busana muslim, lomba adzan, lomba memakan kerupuk, lomba joget balon, dll. Antusias anak-anak dan warga sekitar sangat besar untuk mengikuti lomba dan games yang diadakan oleh pihak panitia bakti sosial. “Acaranya cukup bagus, bisa memberikan semangat kepada anak-anak untuk lebih giat belajar.” Ungkap Ibu Imas (32) salah satu warga di Babakan Jambu Aer. Beliau menambahkan dengan adanya acara ini suasanya di Jambua Aer menjadi tidak sepi lagi, “Warga mah teu kaganggu ku acara baksos, malah sae jadi haneuteun, (warga tidak terganggu dengan acara baksos, tapi bagus suasana menjadi tidak sepi lagi)”. Tambah Imas dengan logat Sunda yang kental.

Selain pengurus HMJ Manajemen, panitia baksos juga terdiri dari perwakilan setiap kelas di Jurusan Manajemen, salah satunya Idham Maulana (18). Menurutnya acara bakti sosial ini sangat bagus karena bisa membuat kita lebih bersyukur. Selain itu Idham pun sangat terkesan dengan sambutan hangat dari warga sekitar dan kebersamaan dari para panitia. “senang menjadi bagian dari panitia baksos karena bisa ikut membantu dan lebih kenal dengan kakak tingkat”. Ungkap mahasiswa jurusan Manajemen semester dua ini.

Acara bakti sosial diakhiri dengan penyerahan donasi berupa pakaian layak pakai, bahan makanan pokok, dan buku-buku bacaan secara simbolis dari pengurus HMJ Manajemen UIN Sunan Gunung Djati bandung kepada bapak Asep selaku perwakilan dari warga Babakan Jambu Aer RT 01 RW 06 Desa Sindulang-Cicalengka, Kabupaten Bandung. Dengan diadakannya acara Bakti Sosial ini semoga bisa membantu dan berbagi kepada sesama sekaligus menjalin persaudaraan dengan masyarakat khususnya bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.

Atas Nama Program Studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, diucapkan terima kasih kepada Kades Sindulang beserta perangkat, warga Babakan Jambu Aer, dan segenap pengurus HMJ Manajemen, Panitia Bakti Sosial, Dosen dilingkungan Jurusan Manajemen UIN Bandung, Mahasiswa Manajemen UIN Bandung, dan para Alumni yang telah mensukseskan acara ini. []

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x