Perkuat Hubungan Spritual dengan Allah SWT, Dahsyatnya 5 Keutamaan Puasa Rajab. Simak Baik-baik Ya

Kesempatan emas itu ialah ibadah puasa di bulan Rajab. (Foto: NOJ/ISt)

UINSGD.AC.ID (Kampus I) — Memperbanyak amalan merupakan suatu keharusan bagi umat muslim. Bulan rajab merupakan bulan yang dapat digunakan sebaik-baiknya oleh umat muslim karena banyaknya limpahan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Bulan rajab memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki ragam keutamaan yang bisa didapatkan dengan melaksanakan ibadah sunah yang dianjurkan. Salah satu ibadah yang dapat kita laksanakan yaitu puasa sunah, diantara puasa yang dicintai oleh Rasulullah saw selain ramadhan yaitu puasa di bulan-bulan haram, termasuk pada bulan rajab ini.

Berikut lima keutamaan puasa rajab diantaranya:

1. Meningkatkan ibadah
Puasa sunah dapat menjadi tambahan dan dapat melengkapi ibadah fardhu yang sudah dikerjakan agar lebih sempurna. Ketika umat muslim melaksanakan puasa, jangankan ibadah fardhu ibadah yang sunah juga dikerjakan. Dengan begitu dapat mendorong umat muslim untuk meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT.

2. Berlipatnya pahala
Puasa sunah yang dilakukan dengan ikhlas bisa mendapatkan banyak pahala bahkan berlipat. Ketika melaksanakan puasa sunah mengharuskan kita bijak dan sabar ketika menghadapi cobaan. Berbeda dengan puasa wajib seperti puasa ramadhan, tidak semua umat muslim melaksanakan puasa sunah. Saaat berpuasa yang kita lakukan untuk menghindari maksiat, maka melakukan puasa sunah dapat meningkatkan pahala dari hari sebelumnya.

3. Meningkatkan Ketakwaan
Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang melatih kita menahan hawa nafsu dan menahan diri seharian. Tentunya dengan melaksanakan puasa Rajab ini seorang muslim menunjukan ketakwaannya kepada Allah SWT dan berkeinginan untuk mendekatkan diri ke kepada Sang Pencipta.

4. Meningkatkan jiwa kekhusyukan dalam diri
Fokus menahan diri dari hawa nafsu ketika berpuasa, dapat mengajarkan kekhusyukan umat muslim dalam melaksanakan ibadah termasuk puasa sunah pada bulan Rajab. Kekhusyukan yang selalu dikejar saat melaksanakan ibadah dapat terbantu dengan adanya suasana spiritualitas yang sedang dilaksanakan seperti puasa sunah ini.

5. Meningkatkan amal saleh
Puasa sunah merupakan salah satu amal saleh yang dapat dilakukan oleh umat muslim, dengan melaksanakannya dapat meningkatkan keimanan seseorang. Bila melaksanakan puasa Rajab ini terjadi peningkatan ibadah dibandingkan dengan hari sebelumnya, maka dengan meningkatnya amal saleh dapat menjadi pribadi yang lebih baik, lebih saleh, lebih dermawan dan dapat bermanfaat bagi sesama.

Setiap ibadah yang dilakukan oleh umat muslim, memiliki keutamaan yang dapat kita rasakan ketika menjalankannya. Keutamaan umum yang disebutkan masuk dalam kategori puasa dan ibadah di bulan-bulan haram, seperti keutamaan di 3 bulan (Zulkaidah, Zulhijjah dan Muharram) yang lainnya. (Taorena Sandra/Humas)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *