id Indonesian

Hafal 30 Juz Alquran Prioritas Diterima

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 6.246 calon mahasiswa (cama) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengikuti seleksi melalui jalur mandiri 2014 pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri UIN SGD Bandung Tahun Akademik 2014/2015, Selasa (8/7).

Pantauan “GM”, pelaksanaan seleksi mendapat perhatian seluruh jajaran sivitas akademika yang dipimpin Rektor UIN SGD Bandung,

Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, S.H., M.Hum. beserta seluruh jajarannya berkesempatan melakukan monitoring di sejumlah ruangan peserta. Para peserta seleksi sejak pukul 07.00 WIB sudah berkumpul dan mencari ruangan yang akan ditempati. Seleksi dilakukan secara serentak pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Deddy Ismatullah di sela-sela monitoring mengatakan, setiap tahun animo calon mahasiswa sangat besar. Untuk seluruh seleksi masuk UIN SGD Bandung mencapai lebih dari 60.000 calon mahasiswa. Sedangkan kursi yang tersedia setiap tahun hanya untuk 5.000 mahasiswa baru.

“Alhamdulillah setiap tahun animo yang ingin menimba ilmu di UIN Bandung sangat besar, namun daya tampung hanya untuk 5.000 mahasiswa baru,” kata Deddy.

Dikatakannya, setiap calon mahasiswa yang akan kuliah di UIN terlebih dulu diseleksi dengan lima kriteria. Seleksi jalur mandiri merupakan seleksi akhir dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini. “Lima jalur seleksi dilakukan oleh UIN Bandung, guna mencetak cendekiawan muslim yang sangat dibanggakan,” kata Deddy.

Para lulusan UIN Sunan Gunung Djati kini harus hapal Alquran minimal 2 juz untuk jurusan umum. Sedangkan jurusan agama minimal 10 juz. Oleh karenanya, setiap calon mahasiswa yang telah hafiz terutama yang 30 juz menjadi prioritas. Meski demikian, mereka tetap wajib untuk mengikuti berbagai seleksi.

“Pokoknya setiap hafiz/hafizah terutama yang 30 juz diprioritaskan diterima, tetapi tetap wajib mengikuti seleksi yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Sedangkan pada seleksi jalur mandiri tahun ini, lanjut Deddy, ada 21 calon mahasiswa yang hafiz Alquran dan mereka menjadi prioritas utama. “Kita lebih memprioritaskan setiap calon mahasiswa yang hafiz,” kata Deddy.

Jurusan baru

Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Jalur Mandiri 2014 PMB, Prof. Dr. H. Afifuddin, M.M. mengatakan, setiap tahun animo calon mahasiswa begitu besar. Ini sejalan dengan banyaknya jurusan baru serta bergabung pada SNMPTN dan SBMPTN seperti perguruan tinggi negeri lainnya.

“Sejak bergabung pada SNMPTN dan SBMPTN, animo calon mahasiswa terus meningkat,” kata Pembantu Rektor I UIN SGD Bandung ini.

Menurut Afifuddin, sejak 26 Juni 2014 pendaftaran dengan 6.246 calon mahasiswa ditutup. Nantinya, yang diterima hanya 20% saja. “Alhamdulillah seleksi berjalan lancar, meski mengakibatkan kemacetan di ruas Jalan A.H. Nasution,” katanya.

Sementara materi yang diseleksi pada jalur mandiri ini yaitu ilmu pengetahuan bahasa pukul 08.00 – 09.30 WIB. Ilmu pengetahuan umum pukul 10.00 – 11. 30 WIB. Ilmu pengetahuan agama pukul 12.30 – 14. 30 WIB. “Secara umum, seleksi berjalan aman dan lancar, meski belum diketahui berapa yang tidak mengikuti seleksi tulis ini,” katanya. [B.46]

Sumber, Galamedia 9 Juli 2014

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x