UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

WR I, Lepas 214 Peserta KKMT di Pangalengan

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 214 Peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKMT) 2014 tiba di Kacamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Selasa (12/8/2014). Pemberangkatan dengan titik mula Taman Rektorat UIN Bandung dimulai sesuai rencana, pukul 06.00 WIB. 7 bis yang menjadi angkutan resmi KKMT 2014 menempuh jalur yang berbeda-beda, dan akan dipertemukan kembali di depan Kantor Koperasi Peternakan Bandung Selatan untuk pembukaan.

KKM 2014 mengusung tema Meningkatkan Pendidikan Melek Aksara Fungsional. Al-Quran dan Sosialisasi Tata Krama Sunda bagi Masyarakat Desa Berbasis Majelis Taklim. “Dengan tema seperti ini diharapkan terjadi penurunan angka tuna aksara di Kabupaten Bandung,” kata Ketua Lembaga Pengabdian Pendidikan Masyarakat, Syukriadi Sambas. “Hirup hurip kudu nyaho huruf, (hidup bersahaja harus bisa baca, Red-),” tambahnya.

Salah satu peserta KKMT 2014, Muhammad Agi Abdul Ghani, berharap banyak pada proses yang akan terjadi di KKMT, bukan hanya bagi dirinya, namun juga bagi masyarakat Kabupaten Bandung. “Nama UIN itu bisa jadi harum di masyarakat, membawa nama Islam. Saya berharap pola pikir masyarakat menjadi lebih baik dengan kedatangan kami,” harap mahasiswa yang menjadi komunitas dakwah di jurusannya tersebut.

Penyambutan peserta oleh masyarakat Kabupaten Bandung itu dihadiri Bupati Kabupaten Bandung dan Wakil Rektor 1. Acara ditutup dengan pemakaian jas almamater dan saling tukar plakat antara pihak UIN SGD Bandung dan Kabupaten Bandung. [Ratu Tresna Ning Gusti, Robby Darmawan/Suaka]