UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Siapkan FEBI

[www.uinsgd.ac.id] Pusat Kerjasama Internasional UIN SGD Bandung menggelar Seminar Internasional bertajuk “Implementation of Islamic Finance in Indonesia and Malaysia” bertempat di Aula Rektorat, Kamis (27/02). Hadir sebagai Pembicara Prof. Dr. Ezani bin Yaakub dan Puan Asmak Husin dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia. Hadir pula beberapa Pembicara dari Indonesia antara lain Dosen Pascasarjana UIN SGD Bandung, Dr. H. M. Anton Athoillah, MM., Dr. H. Rudi Heryana, MA., dan Eri Febrian, SE., M.BA., Ph.D dari Universitas Padjajaran.

Selain Seminar Internasional, dalam acara tersebut dilakukan Penandatanganan Kerjasama Letter of Intent (LoI) antara UIN SGD Bandung dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia.

Gustiana Isya Marjani, MA., Ph.D., selaku Ketua Panitia, dalam sambutannya mengatakan, “Acara tersebut diselenggarakan sebagai langkah awal untuk menuju Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, untuk kemudian menuju Akreditasi ditingkat Internasional,” tegasnya.

“Seminar ini menjadi langkah awal bagi UIN Bandung untuk menyiapkan Fakultas baru yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebagai alternatif dalam menyelesaikan persoalan ekonomi yang dihadapi Indonesia secara khusus dan dunia secara umumnya,” jelasnya.

Bagi rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum., yang membuka acara tersebut, mengatakan “Ekonomi Syari’ah atau Ekonomi Islam memiliki prinsip, nilai-nilai keadilan, nilai kesejahteraan bagi umat manusia dan terbebas dari unsur-unsur Riba dan Gharar,” terangnya.

Dalam perkembangan kata Rektor “Saat ini masyarakat dunia terutama Amerika dan Eropa mengakui keunggulan Ekonomi Islam sebagai solusi dalam menyelesaikan segala persoalan ekonomi yang dihadapi dunia Islam,” pungkasnya. [Zacky]