UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Siap Lahirkan Pemikir Baru Bidang MPI

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 41 peserta yang terdiri dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UIN/IAIN/STAIN) mengikuti Pertemuan Nasional dan Semiloka Se-Indonesia Jurusan Kependidikan Islam (KI), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) bertajuk “Pengembangan Mutu Prodi Manajemen Pendidikan Islam di Era Globalisasi” dengan Keynote Speaker Prof. Dr. H. Dede Rosyada, MA (Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI) yang diselenggarakan Prodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung, Jumat (23/5) sore.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M. Hum berkeyakinan dengan adaya Pertemuan Nasional dan Semiloka se-Indonesia jurusan KI, MPI  ini bisa merumuskan eksistensi KI, sehingga terlahir pemikir baru yang handal dalam bidang MPI. 

“Mudah-mudahan dengan adanya temu nasional jurusan KI, MPI harus bisa menjawab segala tantangan globalisasi dengan cara merumuskan eksistensi KI supaya jelas jenis kelaminnya,” paparnya.

Rektor optimis melalui pertemuan KI, MPI di lingkungan PTAIN ini, “Dengan berkumpulnya peserta dari berbagai PTAIN ini diharapkan mempu melahirkan pemikir baru yang handal dalam bidang MPI yang dimulai dari UIN SGD Bandung,” tegasnya.

Dr. Musthafa, M.Ag, Ketua Forum MPI se-Indonesia menambahkan, “Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari Deklarasi Walisongo pada April 2013 yang diikuti oleh 23 peserta dari jurusan KI, MPI se-Indonesia,” tegasnya.

Kajur KI IAIN Semarang ini berharap “Melalui pertemuan yang diselenggarakan UIN SGD Bandung ini diharapkan bisa memperjelas eksistensi dan jenis kelamin MPI dengan dibentuknya Assosiasi Dosen MPI se-Indonesia dan Forum Komunikasi BEMJ MPI se-Indonesia.” 

Bagi Kajur MPI UIN SGD Bandung, Dr. Badrudin, M.Ag. menguraikan acara Pertemuan Nasional dan Semiloka Se-Indonesia Jurusan KI, MPI ini diselenggarakan dari tanggal 23 sampai 25 Mei 2014 dengan diikuti oleh 40 peserta dari perwakilan Kajur, Sekjur dan Ketua BEMJ di lingkungan PTAIN. “Ada 40 peserta dari 20 PTAIN yang mengikuti Temu Nasional KI, MPI ini.  Terbentuknya  Assosiasi Dosen MPI se-Indonesia dan Forum Komunikasi BEMJ MPI se-Indonesia menjadi cita-cita bersama dengan diadakannya acara Pertemuan Nasional KI, MPI ini,” pungkasnya. []