UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Bandung, Bertambah Satu Fakultas Baru

[www.uinsgd.ac.id] Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung kini memiliki fakultas Baru, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).  Hal tersebut diketahui dari pelantikan Dekan FISIP, Dr. Sahya Anggara, M.Si di Aula Rektorat, Gd. Al-Jami’ah lt.2 pada Kamis (19/20/2012).

 

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Nomor: UN.05/II.2/KP.07.6/034/2012, Dr. Sahya Anggara, M.Si diangkat menjadi Dekan Fakultas FISIP dengan tugas sebagai berikut; (1) menyusun kurikulum dan silabi bagi jurusan; (2) Merekrut Dosen/ Tenaga Pendidik dan Kependidikan; (3) mengangkat anggota senat Fakultas; memilih para Pembantu Dekan 1, 2, dan 3; serta menyelenggarakan kegiatan Administrasi Akademik, Kepegawaian dan Kemahasiswaan.

 

Dalam kesempatan tersebut ditandatangani pula MoU Civil Work antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan PT. Pembangunan Persero (PP) berkaitan dengan pembangunan Gedung UIN yang akan melakukan peletakan batu pertama pada bulan Syawal.

 

Sebelum memberikan sambutan, Rektor memberikan penghargaan kepada Dekan Saintek, Dr. Ir. Subandi, MT yang telah meraih kehormatan sebagai juara menulis jurnal di Polandia.

 

Rektor meminta kepada PT. PP tersebut agar pembangunan maksimal dilakukan dalam waktu satu tahun dan minimal 8 bulan.

 

Mengamanahi pejabat baru yang baru dilantik, Rektor berharap agar Dekan FISIP harus bisa menyelesaikan amanahnya.” Dengan dilantiknya saudara sebagai Dekan FISIP, harus bisa menyelesaikan amanah dan tanggung jawab agar bisa menguatkan Jurusan agama melalui prodi umum,”pintanya.

 

“Kami persilahkan kepada saudara untuk membuka jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Politik karena saya kira ini sangat relevan dengan Fakultas yang akan dikembangkan ini. Setelah membuka FISIP, UIN memiliki kewajiban untuk membuka 4 fakultas lagi, yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi, Kedokteran, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat,”ungkap Rektor.

 

Namun menurutnya, Fakultas-fakultas baru tersebut akan dibangun jika jurusan dan prodi agama sudah kuat.”Fakultas baru tersebut akan dibangun setelah jurusan dan prodi agama melakukan inovasi dalam menguatkan jurusannya,”jelasnya.

 

Di akhir sambutannya, Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, M.Hum menyampaikan terima kasih kepada Dekan Saintek yang telah mengharumkan nama UIN Bandung. Rektor meminta kepada PP agar pembangunan mesjid harus lebih megah daripada kantor Dekan, karena mesjid akan dijadikan sebagai pusat peradaban di UIN Bandung.

 

Sementara itu ditemui pasca pelantikan, Dr. Sahya Anggaram selaku Dekan FISIP  menjelaskan kepada tim Pusinfokom bahwa FISIP yang dinakhodainya sementara membawahi 3  jurusan, yaitu Administrasi Negara, Manajemen dan Sosiologi.

 

Saat ditanya perbedaan antara FISIP UIN dan FISIP Universitas umum, ia menjelakan,” jelas FISIP UIN akan memiliki muatan keagamaan yang tidak dimiliki oleh FISIP lain.

 

Saat ini menurutnya, FISIP sudah memiliki kantor sendiri, dan sebagai pejabatnya ia akan melakukan staffing terlebih dahulu, di samping kegiatan rutin perkuliahan.***[Dudi, Ibn Ghifarie]