UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tips Menjadi News Anchor ala Zaldy Nurzaman

[www.uinsgd.ac.id] Acara RCTI Goes to Campus di Auditorium UIN SGD Bandung diisi oleh beberapa materi tentang jurnalistik televisi. Materi disampaikan oleh dua news anchor  Seputar Indonesia, yaitu Zaldy Nurzaman dan Indri Nadya. Beberapa materi yang diberikan antara lain pengenalan Tv presenter, Jenis-jenis Penyiaran, Etika Penyiaran Televisi, dll.

Dalam acara kali iini ratusan peserta tampak serius menyimak pemberian materi. Zaldy Nurzaman, salah satu pemateri dalam acara RCTI Goes to Campus memberikan beberapa tips menjadi news anchor yang baik. Dalam materinya Zaldy menekankan bahwa seorang news anchor  harus banyak membaca. Melalui membaca, seorang news anchor dapat memperluas wawasan.

Zaldy Nurzaman  mengatakan, Dengan wawasan yang luas seorang news anchor akan lebih mudah untuk masuk dan  beradaptasi dengan situasi yang berbeda-beda. “ Seorang news anchor harus bisa masuk kedalam banyak dunia”, papar Zeldy, rabu (22/1).

Menurut Zeldy, disamping intensitas membaca dan kemampuan beradaptasi, seorang news anchor harus memiliki karakter agar mudah dikenal dan diminati ketika ia berunjuk gigi dilayar televisi.

Dalam pembentukan karakter tersebut, Zeldy memberikan dua tips. “Agar karakter kita nampak, caranya yang pertama, jadilah diri sendiri dan yang kedua kita harus humble (sederhana/rendah hati-red),” jelasnya.

Dalam pengakuannya Diah, salah satu dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengatakan ia  senang dengan acara ini. Menurutnya acara ini akan sangat berguna bagi semua peserta, khusunya mahasiswa ilmu komunikasi. “Acara ini bermanfaat sekali buat mahasiswa saya”, ucapnya saat ditemui pada sesi jeda materi. [Wisma, A. Rizal/Suaka]