UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Sosialisasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

[www.uinsgd.ac.id] Seluruh Ketua Program Studi (Prodi), Jurusan di lingkungan UIN SGD Bandung mengikuti Sosialisasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang disampaikan oleh Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang didampingi Dr. Ija Suntana, M. Ag, Sekretaris LPM di Aula Rektorat, gedung Al-Jamiah lantai II, Jumat (24/1).

Berdasarkan Undang Undang Republik indonesia No 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Pasal 55 ayat 4, Akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada ayat 5, Akreditasi Program Studi sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri.

Peraturan Menteri Agama NO 7 dan 77  Tahun 2013 Tentang Ortaker UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bagian Ketiga Paragraf 3 Jurusan. Pasal 15 ayat 1, Jurusan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 11 huruf b merupakan satuan pelaksana akademik pada Fakultas yang mempunyai tugas menyelenggarakan program studi dalam 1 (tahun) disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pada ayat 2, Jurusan sebagimana dimaksud pada ayat 1 dipimpin oleh seorang ketua jurusan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Dekan.

Pada Pasal 16, Jurusan sebagaimana dimaksud dalam pasal 11 huruf b terdiri dari : Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Dosen.

Mengenai tahapan-tahapan AIPT yang harus dilalui; Pertama, Penyelesaian Borang dan evaluasi diri AIPT yang akan dilaksanakn pada tanggal 5 Februari 2014. Kedua, Review Borang dan evaluasi diri AIPT oleh Asesor  Internal BAN-PT yang akan dilaksanakan pada 6-10 Februari 2014. Ketiga, Klinik Borang dan evaluasi diri oleh Pimpinan Fakultas dan Universitas yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2014. Keempat, Revisi Final yang akan dilaksanakan pada 17-19 Februari 2014. Kelima, Pengiriman Borang dan Evaluasi Diri Ke BAN-PT yang akan dilaksanakan pada 21 Februari 2014. 

“Keikutsertaan Ketua Prodi untuk mensukseskan sosialisasi AIPT sangat diharapkan. Mudah-mudahan menjadi langkah awal untuk meraih akreditasi Institusi yang lebih baik,” pungkasnya. []