UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor UIN Dorong Ilkom Jadi Fakultas Mandiri

[www.uinsgd.ac.id] Melihat animo dan permintaan masyarakat di luar dan di dalam Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung terkait pendidikan Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom), Rektor UIN Bandung Deddy Ismatullah mengatakan, sudah selayaknya Ilkom berdiri menjadi Fakultas sendiri.

“Diharapkan Ketua Jurusan Ilkom segera mengajukan proposal permohonan dalam rapat pimpinan nanti untuk mengajukan menjadi Fakultas,” kata Dedy saat ditemui wartawan di sela-sela acara seminar nasional ‘Perempuan dan Jurnalistik’ di Gedung Al-Jamiah UIN Bandung, Jalan A.H. Nasution Kota Bandung, Minggu (22/4/2012).

Dedy mengatakan, untuk sumber daya manusia (SDM) di Ilkom sendiri sudah cukup mumpuni. Pihaknya menilai, sudah selayaknya Ilkom untuk jadi Fakultas. “Berdasar catatan, Ilkom kini sudah memiliki delapan doktor, satu profesor dan semua pengajar sudah S2,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, alasan kuat Ilkom harus jadi fakultas salah satunya karena lulusannya sudah banyak ditunggu terutama para pelaku bisnis media. “Yang jelas, kami medorong dan mendukung sepenuhnya supaya Ilkom segera dijadikan fakultas,” tegasnya.

Terkait hal tersebut, Ketua jurusan Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung Enjang AS mengungkapkan, dengan adanya dorongan kuat dari Rektor untuk mendirikan Fakultas Ilmu Komunikasi, pihaknya akan segera berbenah diri untuk itu. “Pada prinsipnya SDM sudah siap. Serta lulusan sudah banyak yang menunggu,” ujar Enjang.

Saat ini, jurusan Ilmu Komunikasi UIN Bandung berada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jurusan ini sendiri mulai dibuka pada tahun 2008.[Riza Pahlevi]

Sumber, Inilahjabar 22 April 2012 | 13:30 WIB