UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan pendidikan merupakan serangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, memotivasi, mengendalikan, dan mengembangkan segala upaya didalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Minimal tiga dimensi penting didalam konsep pengelolaan.

Dimensi pertama, dalam pengelolaan terjadi kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pengelola (Pemimpin, kepala, komandan dsb). Dimensi ini menunjukkan betapa pentingnya kemampuan dan keteramplan khusus yang perlu dimiliki oleh pengelola untuk melakukan hubungan kemanusiaan dan untuk mempengaruhi orang lain baik melalui hubungan perorangan maupun melalui hubungan kelompok. Dimensi kedua, menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang lain itu mempunyai tujuan yang hendak dicapai. Sedangkan dimensi ketiga, pengelolaan itu dilakukan dalam organisasi, sehingga tujuan organisasi dicapai melalui kegiatan yang dilakukan bersam orang lain baik perorangan maupun kelompok.

Buku ini hadir untuk menghilangkan kabut hitam serta menjadi penerang bagi para mahasiswa, para pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat umum dalam memahami dan menerapkan makna serta konsep pengelolaan pendidikan dalam kehidupan yang nyata.

Judul: Pengelolaan Pendidikan “Teori dan Praktek”
Penulis; Dr. H. Afifuddin, MM dan M. Sobry Sukito
Cetakan : 1
Tahun : Februari 2008
Penerbit: Prospect
ISBN : 978-979-15910-3-4