UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Media Online, Tren Fenomenal di Era Cyber

[www.uinsgd.ac.id] Sifatnya yang cepat saji, dan mudah diakses, media online tengah menjadi tren dunia jurnalistik saat ini.  Tak ketinggalan, juga di Indonesia. Realitas ini sangat fenomenal, mengingat pertumbuhannya yang luar biasa pesat.  Bahkan nyaris dapat dipastikan, kini hampir semua media, baik cetak maupun elektronik, juga memiliki versi online.

Pemimpin Redaksi BandungOke.com Enjang Muhaemin mengungkapkan hal itu dalam diskusi bulanan yang digelar Bidang Pers Hima Jurnalistik UIN Bandung di Gedung Z, UIN Bandung, Senin (21/05). 

Kendati hanya dihadiri sebagian anggota Hima, diskusi yang dimulai pukul 4 sore hingga menjelang maghrib ini berlangsung cukup interaktif, dan mendapat sambtan antusias.

Media online, kini menjadi tren yang tak terbantahkan. Jumlahnya terus bertambah, dan akan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang.  “Di Amerika sendiri, bahkan tidak sedikit media cetak yang gulung tikar lantaran pertumbuhan media online yang luar biasa hebatnya,” jelas Enjang.

Di Indonesia, tambahnya, hal serupa bukan mustahil terjadi. Kendati demikian, ia meyakini, media cetak dan elektronik tidak akan musnah lantaran bermunculannya media online.  Penyebabnya, masing-masing jenis media memiliki kekhasannya yang tak tergantikan.  “Bila ada yang mati, ini hal wajar sebagai konsekuensi hadirnya media baru di tengah pertarungan media,” tandasnya.

Melihat kecenderungan seperti itu, paparnya, mahasiswa jurnalistik dituntut lebih proaktif, dan secepatnya meningkatkan apresiasinya terhadap jurnalisme online.  “Ke depan, media online akan tumbuh bak jamur di musim hujan. Karena itu, persiapkan juga skill di bidang yang satu ini,” paparnya.  

Ia juga menyambut baik hadirnya media online yang digarap Hima Jurusan Jurnalistik UIN Bandung.  Insya Allah, media online yang satu ini dapat menjadi media informasi, edukasi, plus sarana praktik bagi para mahasiswa.  “Sangat bermanfaat untuk mengasah keahlian di bidang jurnalistik. Tak hanya dalam bidang keredaksian, tapi juga penguasaan di bidang manajemen media,” pungkasnya. [] Ami/JP/MZF/BandungOke.Com