UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Launching Jurnal I’tibar

[www.uinsgd.ac.id] Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten melaunchingkan I’tibar, Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Keislaman Volume 01/Nomor 01/November 2013 dalam acara Rapat Koordinasi PTAIS di Lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten bertajuk “Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Penguatan Lembaga Penyelenggara PTAIS” yang digelar di Sari Ater Hotel & Resort Ciater Subang, Selasa (26/11)

Menurut Koordinator Kopertais Wilayah II Jabar & Banten yang sekaligus Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum. Bahwa kegiatan penelitian merupakan sebuah suatu rangkaian Akademik yang tak terpisahkan dari tugas seorang dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Peguruan Tinggi.

Penegasan akan pentingnya penelitian telah disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tahapan publikasi ilmiah hasil penelitian memjad bagian vital dalam mempublish hasil penelitian kepada khalayak. “Untuk itulah, diperlukan jurnal jurnal yang dapat memuat berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para dosen,” tegasnya.

Mengingat pentingnya penerbitan jurnal ilmiah yang berkualitas dengan akreditasi yang baik, Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten berinisiatif untuk kembali menerbitkan Jurnal Ilmiah I’tibar yang pada beberapa waktu belakangan sempat tersendat proses penerbitannya, upaya untuk dapat terakreditasi dimulai dari lancarnya penerbitan secara sinambung.

Penebitan jurnal ini diharapkan dapat menampung berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh dosen, terutama dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) Wilayah Jawa Barat dan Banten.

Fokus yang diambil dalam Jurnal I’tibar adalah bidang Hukum, Pranata Sosial dan Pendidikan Islam. Ketiga bidang tersebut memang sudah sangat familiar dalam kajian keilmuan di lingkungan PTAIS.

Rencananya, Ke depan, Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten akan terus konsisten dalam peneritan Jurnal I’tibar dua kali dalam setahun. Pada tahun 2014 atau 2015 mendatang diharapkan Jurnal I’tibar telah terakreditasi, sebagai bukti keseriusan kami dalam mendorong peningkatan penelitian.

Koordinator Kopertais berharap “Semoga niat dan cita yang kita tanamkan hari ini akan menjadi buah manis di kemudian hari, buah hasil perjuangan seluruh civitas akademik Perguruan Tinggi Agama Islam,” terangnya.

Sebagai langkah awal penerbitan kembali Jurnal I’tibar ini, redaksi telah menerima banyak karya tulis yang dikirmkan dosen PTAI Wil. Jawa Barat dan Banten berdasarkan undangan Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten untuk kemudian disaring. Berdasarkan seleksi yang dilakukan redaksi, terkumpul 8 karya yang disajikan dalam Jurnal I’tibar edisi ini. Kedelapan karya tersebut, redaksi nilai dapat menjadi representasi atas fokus utama Jurnal I’tibar. Baik itu dalam bidang hukum, pranata sosial dan pendidikan Islam.

Untuk menjaga konsistensi penerbitan, redaksi telah menetapkan bahwa Jurnal I’tibar terbit dua kali dalam setahun dengan target telah terakreditasi pada tahun 2014 atau 2015 mendatang. Selain dalam bentuk cetak, Jurnal I’tibar juga hadir dalam bentuk online dimana websitenya telah terindeks di scoopus.

Kedelapan karya tulis ini meliputi; Sinergitas Perguruan Tinggi Agama Islam dengan Pemerintahan Daerah dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas oleh Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH, M.Hum; Tazkiyatun-Nafs (Perumusan ulang Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam) oleh Drs. Endang Masluh Effendi, M.Pd; Epistimologi Komunikasi Visi Tarbiyayah Nubuwwah (Elaborasi Konsep Qaul menurut Jejak Tarbiyah Nubuwwah dalam Al-Qur’an) oleh Mugni Muhit, S.Ag.,M.Ag; Pemikirian K.H Irfan Hielmy (1933-2010 M): Tentang Pendidikan Islam oleh Eulis Sri Rosyidatul Badriyah, S.Pd.I.,M.Pd.I; Jihad and Crusade (Studi Analisis Terhadap Interaksi Umat Beragama di Indonesia) oleh Dra. Gamar Assagaf, M.Fil.I; Hubungan Berbagai Pranata Sosial Masyarakat Islam di Indonesia oleh Dr. Maman Sutarman, M.M.Pd.; Kaifiyah Penelitian Fiqh dan Prilaku Memola oleh Drs. Cik Hasan Bisri, M.S; Teologi Zakat dalam Pemberdayaan Masyarakat Mamat Muhamad Bajri, M.Ag.; Al-Ittihad Mi’raj Spiritual ala Abu Yazid Al-Busthomi oleh Tamami. []