UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kelulusan Mahasiswa Itu Harus Tepat Waktu

[www.uinsgd.ac.id] Dekan Fakultas Sain dan Teknologi (FST) UIN SGD Bandung, Dr. H. M. Subandi, Drs. Ir. MP. berharap kelulusan seluruh mahasiswa baik yang ada di FST maupun di lingkungan UIN SGD Bandung itu harus lulus tepat waktu. “Jika ingin di wisuda oleh saya maka lulusnya harus tepat waktu karena sebentar lagi masa kepemimpinan saya akan segera berakhir,” ungkap Dr. H. M. Subandi, Drs. Ir. MP. saat membuka Kuliah Umum Teknik Informatika UIN SGD Bandung yang bertajuk “Akselerasi Tugas Akhir 2013” di Auditorium Utama, Senin (29/4)

Upaya mempercepat lulusan mahasiswa ini merupakan,  “Tugas kami dan tanggung jawab kami dalam memberikan motivasi, metode dan cara supaya skripsi atau tugas akkhir itu bisa diselesaikan secara tepat waktu dan pada akhirnya semester delapan itu sudah di wisuda,” jelasnya.

Meskipun untuk mencapai wisuda itu harus melewati tahapan, Sidang Munaqosah, Sidang Komprehensif, nilai harus beres dan Sidang proposal. “Tahapan-tahapan ini harus ditempuh mulai dari sidang proposal, nilai semuanya harus beres, baru mengikuti sidang kompre dan sidang munaqosah,” tambahnya.

Salah satu caranya harus merubah pandangan hidup yang tidak hanya melihat ke depan, tapi juga menengok ke belakang untuk menada masa depan. “Harus disiplin, bisa membuat ramalan berdasarkan datan dan fakta yang objektif, rajin menulis dan mempersiapkan sejak dini mulai dari semester 4 atau 6 bahan-bahan skripsi,” tegasnya.

“Untuk itu, diperlukan cara pandang yang bisa melihat ke depan dan ke belakang. Ini yang saya lakukan sejak SMP, SMA karena ingin menjadi sarjana Pertanian, saya baca-baca buku-buka pertanian dan sejak di kuliah ditambah dengan membaca dan menulis di jurnal yang menjadi bahan rujukan dan referensi. Alhamdulillah berkat itu semua akhirnya saya mendapatkan penghargaan sebagai penulis di jurnal Internasional,” sambungnya.

Mengenai teknis penulisan tugas akhir ini akan dipandu oleh H. Cecep Nurul Alam, ST., MT., Ketua Jurusan Teknik Informatika. “Selamat mengikuti Kuliah Umum Akselerasi Tugas Akhir ini. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa,” pungkasnya. [Ibn Ghifarie]