UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Jurnalistik UIN SGD Gelar Seminar Anti Kekerasan terhadap Wartawan

[www.uinsgd.ac.id] Jurnalistik UIN Bandung menyelenggarakan acara seminar dengan tema ‘’Kekerasan Terhadap Wartawan,’’ yang diikuti oleh mahasiswa  Jurnalistik, Rabu(13/5). Acara dimulai pada pukul 13.00 – 16.00 WIB. Acara tersebut digelar di aula lama kampus UIN Bandung.  Acara ini digelar dalam rangka anniversary Jurnalistik yang ke-17 tahun.

Seminar tersebut diisi oleh tiga pemateri dengan berbagai profesi  masing-masing. Selain menyampaikan materi, pada seminar tersebut diperlihatkan beberapa video tentang aksi kekerasan terhadap wartawan.

‘’Setelah melihat video itu, jujur agak ngeri dan prihatin. Tapi, tidak merubah tekat saya menjadi seorang wartawan,’’ ujar Zantina salah satu peserta seminar tersebut.

Menurut Prima Mulya, wartawan foto Tempo, acara seminar ini baik dan penting dilakukan. ‘’Jadi seminar ini penting, karena dulu-dulu tidak ada seminar seperti ini, jurnalis baru, mau gak mau harus turun ke lapang agar tahu tantangan apa saja yang terjadi di lapangan,’’ ujar Prima, Rabu,(13/5).

Prima Mulya pun menyampaikan harapannya kepada para jurnalis baru, setelah diadakan acara seminar  kekerasan terhadap wartawan ini.

‘’Harapan saya untuk para jurnalis baru, mereka bisa lebih matang dan yakin terhadap pilihannya dan tidak meraba-raba lagi profesi apa yang akan mereka ambil di dunia kejurnalistikan,’’ papar Prima.

Mahasiswa jurnalistik UIN Bandung pun merespon dengan baik diadakannya acara ini, mereka pun sangat berantusias dan berharap akan diadakan lagi seminar-seminar tentang kejurnalistikan, Rabu,(13/5). [Zaira Farah Diba, Novi Nurliyas/Jurnalpos]