UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Edutainment Program KB Lewat Media Sosial

Donald K. Wright, seorang profesor Public Relations (PR) dari Boston University memprediksi, media sosial akan menggeser televisi dari publik Amerika. Mike Elgan (2009), penulis dan editor majalah Windows, seolah mengamini prediksi tersebut. Kata Mike, kondisi itu tengah berlangsung saat ini, khususnya bagi kalangan remaja. Laporan Pew Research Center mengabarkan, 73 persen remaja Amerika sudah menjadi “pelanggan setia” media sosial, angka ini naik 55 persen sejak setahun terakhir (Jackson 2011).

Mike menggambarkan pesawat terbang Amerika (US Airlines) yang mendarat di sungai Hudson dan serangan teroris yang menimpa Mumbai, India. Kedua informasi tersebut, dikomunikasikan dengan cepat lewat Facebook, Twitter dan media sosial lainnya, sebelum tampil di layar televisi. Cepatnya informasi itu sampai ke muka publik, menunjukkan peran besar dari media sosial.

Menurut Bill Tance (2008), seorang General Manager (GM) dari Global Research di Hitwise, dunia tengah dikuasai oleh persaingan layanan online. Kata Bill, media sosial telah “menyingkirkan” posisi pornografi. Awalnya, situs amoral itu merupakan situs pertama yang paling favorit dikunjungi. Namun kini, kunjungan terfavorit di dunia maya adalah media sosial.

Masih data dari Pew Research Centers, sebesar 67 persen dari total pengguna internet dunia, adalah konsumen media sosial. Organisasi riset Amerika ini, menyebutkan 5 media sosial yang tengah naik daun saat ini, yaitu Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram dan Tumblr.

Bagi beberapa kalangan, seperti ekonom dan politikus, media sosial dinilai begitu bermanfaat. Media ini disadari betul sebagai “energi alternatif”, guna mengembangkan dunia mereka. Semisal untuk promosi produk, pemasaran model baru, branding strategy, sosialisasi program atau mencari dukungan dalam pemilu dan seterusnya. []

Juara I Lomba Karya Tulis BKKBN Provinsi Jawa Barat 2013 (13 Agustus 2013)