UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Calon Jurnalis Diminta Soft Skill dalam Persiapkan Diri di Dunia Kerja

[www.uinsgd.ac.id] “Media massa nasional saat telah beralih kepada konvergensi, dimana terjadi kolaborasi antara media elektronik, media cetak, da media online.” Hal ini diungkapkan Redaktur Republika Online Heri Ruslan, pada workshop yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati dalam rangka peringatan ulang tahun jurusan Jurnalistik ke 14.

Dalam kesempatan tersebut, Heri banyak memaparkan soal pentingnya pembentukan mental bagi mahasiswa lulusan jurnalistik dalam menghadapi dunia kerja. “Kecedasan akademik tidak terlalu menjadi pertimbangan, yang terpenting bagi seorang wartawan adalah soft skill dan ketahana mental dalam meliput peristiwa di lapangan,” paparnya.

Keterampilan menulis dan membaca situasi sudah harus dimiliki wartawan. Disampin itu, penguasaan bahasa, terutama bahasa inggris harus dikuasai agar jurnalis mudah dan dinamis jika dihadapkan pada media massa dunia.

Presiden mahasiswa (Presma) Hima Jurnalistik Sepptian Rahmat berharap, bahwa acara ini bisa memotivasi mahasiswa jurnalistik agar memantapkan diri untuk konsen dalam dunia jurnalistik dengan maksimal. “Semoga di momen Anniversary Jurnalistik ke14 ini bisa memberikan pengalaman dan pembekalan bagi para mahasisa jurnalistik UIN Bandung.wa Jurnalistik sehingga bisa menentukan minat dari sekarang agar fokus menatap masa depannya” (sonia/jp)

Sumber, website resmi  Jurnalistik UIN SGD Bandung