UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan

Al-Islam menyatakan bahwa : Aktivis bimbingan dan konseling (BK), sangat luas dan lengkap; karena ajaran islam datang ke permukan bumi ini mmeilikitujuan yang sangat mendasar, yaitu membimbing, mengarahkan, menganjurkan kepada manusia menuju jalan yang benar, yaitu jalan Allah! Dengan jalan itulah manusia akan selamat dan bahagia di dunia hingga di akhirat.

Al-Isalm dalam prinsip-prinsip ajarannya membantu dan membimbing manusia sesuai firtah untuk membangun kerpidarain yang tangguh, kesehatan mental atau jiwa yang sempurna, menanggulangi berbagai problem hidup serta dapat senantiasanmenyesuaikandir dengan lingkungan kehidupan alamnya dan lingkungan kehidupan alam ketuhanan Tuhannya.

Jika hidayah Allah berkenan fitrahmanusia berhasil memimpin, membimbing manusia dalammelakukan seluruh aktivitas hidupdan kehidupannya, maka keselarana tata etos kerja akan terjalin integritas dalam upaya meraih keberhasilan pada diri individu dan lingkunganay bahkan keberhasilan dunia hingga akhirat atau dalam lingkungan makhluk dan Tuhannya.

Mudah-mudahnbuku sederhana ini menjadi pemucu perangsang bagi pakar-pakar konseling muslim/muslimah untuk mentadwinkan kitab khusus “Bimbingan dan Konseling Islami”

Judul: Bimbingan dan Konseling dalam Pendiikan
Penulis; Pupuh Fahturrohman
Pengantar: Prof. Dr. A. Tafsir
Penerbit: Pustaka Adghigama
Cetak: I
Tahun: Pebruari 2002