AKRAB FAH UIN SGD Bandung Siap Lahirkan Potensi & Bakat Baru Mahasiswa

Upaya menggali potensi dan bakat mahasiswa di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung maka diselenggarakan kegiatan Aksi Kreativitas Akademik dan Budaya (AKRAB) dari tanggal 18-20 November 2019.

Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama FAH, Dr. H. Ading Kusdiana, M. Ag. menjelaskan kegiatan AKRAB ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Ilmiah (PIM) IV, diisi dengan pertandingan futsal, perlombaaan musikalisasi puisi, akrab voice, menulis essay, dan duta fakultas.

“Untuk acara pembukaan AKRAB digelar pertandingan futsal yang diikuti 14 tim pada hari Senin (18/11/2019) yang bertempat di Lapangan futsal Zone 273,” tegasnya, Kampus I, Jl. A. H. Nasution No 105 Cipadung Cibiru Kota Bandung, Rabu (20/11/2019).

Hadir dalam acara pembukaan itu Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Adab dan Humanuiora, Ni’mah A.; Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora, Torikul Farhan; Ketua Panitia Pelaksana, Alif Maulana; dan seluruh kontingen perserta olahraga futsal yang berasal dari jurusan Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), serta Sastra Inggris (SI)

Menurutnya, kegiatan AKRAB sebagai rangkaian dari kegiatan Pekan Ilmiah (PIM) IV ini sangat penting dilaksanakan, pertama, untuk menggali potensi dan bakat baru di kalangan civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora (FAH). “Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dari Fakultas Adab dan Humaniora akan lahir sumber daya manusia yang memiliki potensi dan bakat baru yang bisa memberikan kontribusi dan menunjukan prestasi baik di tingkat lokal (universitas), nasional, bahkan internasional,” paparnya.

Kedua, kegiatan AKRAB di kalangan civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) perlu dilaksanakan “untuk menjalin kebersamaan, persaudaraan, dan silaturrahim, sehingga bisa mempererat persatuan dan rasa memiliki terhadap institusi,” ujarnya.

Dalam kegiatan AKRAB yang berlangsung selama tiga hari ini, untuk cabang olahraga futsal yang dimainkan pada hari pertama ada 14 tim yang ikut berpartisipasi, yang terdiri dari putra dan putri yang berasal dari tiga jurusan yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH)

Untuk hari Selasa (19/11/2019) bertempat di auditorium Fakultas Adab dan Humanuiora diperlombakan tiga perlombaaan yaitu musikalisasi puisi, akrab voice, dan menulis essay. “Minat, animo dan antusiasme peserta dalam tiga ajang perlombaaan ini cukup besar, hal ini terbukti dari jumlah peserta yang ikut ajang musikalisasi puisi yang berjumlah 20 orang/tim, AKRAB voice 30 orang/tim, dan menulis essay sebanyak 27 orang,” jelasnya.

Sedangkan pada hari Rabu (20/11/2019) masih ditempat yang sama, telah dilaksanakan perlombaaan duta fakultas yang diikuti oleh 10 peserta. “Selama kegiatan berlangsung dukungan dari penonton pun sangat besar. Hal ini dapat terlihat dari lapangan futsal Zone 273 dan Auditorium Fakulutas Adab dan Humaniora (FAH) yang banyak dipenuhi oleh penonton yang ingin mendukung peserta atau timnya masing-masing,”

Baginya, kegiatan ini sangat positif dalam membangun culture akademik dan budaya. “Dengan demikian mudahan di masa mendatang dapat dilaksanakan kembali secara berkelanjutan dan akan memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang berprestasi dalam kegiatan AKRAB ini,” pungkasnya.

Sumber, Intro News, 21 November 2019

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *