Nostalgia Masa Kuliah, 5 Hal Ini Membuat Rindu Alumni “Ngampus”

(UINSGD.AC.ID) — Menikmati proses saat menempuh pendidikan merupakan salah satu momen berharga bagi setiap mahasiswa saat sudah menjadi alumni. Nostalgia ketika masa kuliah dapat mengingat momen perkuliahan yang dirindukan.

Ahmad Abdusalam, alumni UIN Bandung menceritakan selama kuliah yang memiliki sejarah tersendiri dan menjadikan kampus ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan, dengan kenangannya dapat menjadi pengingat bagi para alumni semasa kuliah. Mari kita simak 5 hal berikut ini:

1. Masjid ikomah
Masjid ikonik yang berwarna putih ini memiliki sejarah tersendiri bagi setiap mahasiswa UIN Bandung, masjid ini merupakan pusat kegiatan Islami yang setiap harinya ramai dikunjungi mahasiswa. Di samping masjid terdapat pohon Tabebuya yang sering disebut sakuranya UIN yang menjadikan masjid semakin indah apalagi saat musim semi, pohon ini juga menjadikan selasar masjid menjadi sejuk. Maka tidak heran, selain sebagai tempat ibadah masjid ini ramai digunakan mahasiswa untuk kajian rutin keagamaan, mengerjakan tugas, berdiskusi santai bahkan hanya sekadar nongkrong.

2. Adanya mahasiswa luar
Tidak hanya memiliki teman sebangsa dan setanah air, adanya mahasiswa dari Thailand, Malaysia, Somalia menjadikan kesan tersendiri selama masa kuliah. Setelah ditelusuri ternyata ada banyak mahasiswa yang berasal dari Thailand, bahkan mereka memiliki asrama sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa di Negara Thailand Agama Islam merupakan minoritas, sehingga mereka datang ke Indonesia untuk belajar ilmu agama.

3. Gaya belajar sersan
Gaya belajar yang diterapkan oleh setiap dosen berbeda-beda, ada beberapa dosen yang menerapkan gaya belajar yang unik. Misalnya ada dosen yang selalu menyisipkan humor-humor pada saat belajar, ada yang memperbolehkan minum bahkan makan saat belajar. Selain itu, kebanyakan dosen juga menyerahkan lebih dari 70% kelas kepada mahasiswanya pada saat perkuliahan.

4. Program KKN dan PPL
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa, program ini mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana caranya mengabdi kepada masyarakat, belajar untuk dapat mandiri serta percaya pada kemampuan yang dimiliki. Selain program KKN, terdapat juga program PPL (Praktik Pelatihan Lapangan) yang dapat menjadikan mahasiswanya mendapat kesempatan untuk dapat berlatih sesuai dengan bidang jurusannya. Hal ini diharapkan agar mendapat gambaran utuh dunia kerja ketika kelak sudah lulus.

5. Kantin
Kantin merupakan tempat yang banyak dikunjungi mahasiswa untuk dapat memenuhi kebutuhan makanan. Selain aneka ragam makanan yang dijual kantin juga merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat nongkrong mahasiswa. Makanan yang dijual menjadi salah satu menu makanan yang ingin dinikmati kembali. Berbagai makanan yang tidak terlupakan yaitu gorengan yang dijual, karena gorengan dapat menjadi menu andalan ketika mendapat kelas pagi.

Banyaknya hal yang dapat dirindukan, lima hal ini dapat menemani cerita para alumni ketika bernostalgia. Masih banyak hal semasa kuliah yang dapat dikenang. Semoga lima hal tersebut dapat mengingat para alumni semasa kuliah. Benarkan? (Taorena Sandra/Humas)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *