Soroti Kesehatan Mental, BKI Gelar Workshop BK Pasca Bencana

(UINSGD.AC.ID) – Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung) menggelar kegiatan workshop bimbingan konseling pasca bencana.

Sebagai informasi, kegiatan workshop tersebut diselenggarakan di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, pada hari Kamis (23/11/2023).

Adapun, tema yang digagas dalam kegiatan tersebut yakni “Kesehatan Mental di Tengah Bencana: Konseling sebagai Pilar Utama Mitigasi”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan BKI tersebut turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. H. Enjang AS, M.Si, M.Ag, CICS, Wakil Dekan 1 Dr. H. Dudy Imanuddin Effendy, M.Ag, Ketua Jurusan BKI H. Dede Lukman, S.Sos.I., M.Ag, Sekretaris Jurusan H. Herman M.Ag serta Devi Eryanti M.Pd selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah BK Pasca Bencana dan Dosen BKI lainnya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Enjang AS, dalam sambutannya menuturkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan workshop BK Pasca Bencana.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan pentingnya peran daripada BK Pasca Bencana dalam kehidupan masyarakat.

“Langkah penting yang harus dilakukan oleh akademisi, ketika berbicara bencana adalah berbicara soal konseling pasca bencana. Konseling pasca bencana menjadi pilar penting dan bentuk dukungan psikologis pada individu atau kelompok yang mengalami dampak secara psikologis setelah mengalami bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan BKI UIN Bandung, Dede Lukman menuturkan, prodi mencoba berikhtiar dalam rangka-tengah mempersiapkan diri di tengah kondisi Jawa Barat saat ini.

“Saya berharap adanya mata kuliah dan workshop ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” katanya.

Di sisi lain, Devi Eryanti, selaku dosen pengampu mata kuliah BK Pasca Bencana, workshop ini merupakan pelengkap mata kuliah yang dipelajari di kelas.

“Acara ini akan menjadi bekal yang bermanfaat ke depan bagi para mahasiswa,” kata Devi.

Diketahui, dalam kegiatan workshop tersebut turut dihadiri para narasumber dari Pos Gabungan Siaga Bencana Jawa Barat, di antaranya, Mohammad Haqqi, Irawan Wahyudi serta Wakil Dekan 1 Dudi Imanuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Lebih lanjut, acara tersebut pun turut dihadiri para mahasiswa-mahasiswi Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *