5 Pondok Pesantren yang Dekat dengan UIN Bandung. Mondok Itu Keren!

(UINSGD.AC.ID) — UIN Sunan Gunung Djati merupakan kampus unggul dan kompetitif dengan basis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah. Menunjang visi tersebut UIN Sunan Gunung Djati mendirikan Ma’had Al-Jami’ah yang terletak di Kampus 1 UIN Sunan Gunung Djati (Cibiru) dan Ma’had Tahfidzul Qur’an yang berada di Kampus 3 UIN Sunan Gunung Djati (Cileunyi) untuk mengembangkan kemampuan mahasiswanya dalam bidang keagamaan. Selain kedua ma’had tersebut, ada beberapa pondok pensantren yang letaknya strategis untuk mahasiswa memperdalam ilmu agama, diantaranya

  1. Pondok Pesantren Al-Ihsan
    Terletak di Jl. Cibiru Hilir No. 23, 01/02 Cibiru Hilir, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626. Tahun 1993 Al-Ihsan didirikan oleh K. H O.Z Muttaqien dengan visi menjadikan mukmin yang cerdas, intelektual, dan kaya akan pengetahuan. Sebagai bentuk pengkaderan Islam, Al-Ihsan berharap agar mampu mengimbangi perkembangan zaman. Sehingga generasi muda tidak hanya mampu menguasai ilmu agama, melainkan mampu terjun ke masyarakat yang lebih luas. (Instagram: @alihsan_official).

2. Pondok Pesantren Mahasiswa Universal
Proses pendidikan yang baik dan sistematis akan melahirkan perubahan paradigma berpikir masyarakat dan mempercepat proses perubahan berpikir masyarakat. Menjadi center of exellence dalam pengkajian dan pengamalan nilai-nilai keislaman inklusif-transformatif-emansipatoris yang berorientasi mewujudkan kemashlahatan universal merupakan visi dari pondok pesantren ini. Pondok Pesantren Mahasiswa Universal terkenal dengan sebutan Ma’had Universal. Terletak di Jl. Kel. Cipadung No. 01 RT03/RW08, Kota Bandung 40614. (Instagram: @mahad_universal).

3. Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid
Membangun lembaga pondok pesantren terpadu yang berbasis Bahasa Arab, Inggris, dan kitab kuning serta tahfidz Al-Qur’an yang bermutu, berdisiplin, dan populis adalah visi dari Ar-Raaid. Ar-Raaid mengintegrasikan pelajaran dengan sistem klasik yang dipadukan dengan sistem modern dengan tujuan santri mampu bersaing di bidang akademik ataupun non akademik. Pondok ini terletak di Jl. A. H. Nasution Gg. Kujang Kp. Cisalatri Rt 04 Rw 05 Kel. Cipadung Kec. Cibiru Kota Bandung 40614 Jawa Barat. (Instagram: @Ar_Raaid).

4. Pondok Pesantren Al-Wafa’
Didirikan pada tahun 2012 dengan tujuan untuk mengawasi dan meningkatkan kesadaran keagamaan mahasiswa yang belajar di lingkungan kampus. Model pendidikan di Al-Wafa’ berusaha mengintegrasikan antara agama dan pendidikan umum, antara pesantren, keluarga, dan masyarakat dengan mengoptimalkan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan harapan peserta didik menjadi manusia cerdas, berwawasan luas, kreatif, dan mandiri. Al-Wafa’ terletak di Jl. Cibiru Hilir No.46, RT.03/RW.01, Cibiru Hilir, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40626. (@mahad_alwafa).

5. Pondok Pesantren Al-Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia
Terletak di Jl. Manisi No.38A, Cipadung Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614. Menggapai kesalehan diri untuk menggapai kesalehan universal adalah visi dari Al-Musyahadah. Harapannya, dengan hadirnya Al-Musyahadah dapat mendidik mahasiwa agar lebih smart, creative, dan meaningful dalam menghadapi segala tantangan. (Instagram: @al_musyahadah.rci). [Iqrimatunnaya/Kontributor]

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *