UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rektor UIN SGD Lepas Kontingen IPPBMM VII

[www.uinsgd.ac.id] Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si melepas 90 peserta kontingen Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Jawa-Madura di gedung Prof. Dr. Rachmat Djatnika lantai IV, Jumat (20/4)

Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Tahun 2018 akan diselenggarakan di IAIN Purwokerto, pada tanggal 24-27 April 2018. 

IPPBMM merupakan ajang pengembangan bakat dan minat mahasiswa PTKIN yang sudah dirintis sejak 16 tahun yang lalu yang lingkupnya hanya Jawa dan Madura. Namun pada perjalanannya pada saat persiapan penyelenggaraan IPPBMM tahun ini di IAIN Purwokerto, mendapatkan beberapa masukan agar dapat menggandeng Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dari luar jawa. Ajang dua tahunan ini bukan hanya olahraga saja yang diperlombakan, akan tetapi seni dan karya ilmiah.

Kegitan Invitasi ini merupakan inisiasi dari beberapa PTKIN sebagai ajang untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa. Selain itu kegitan ini sebagai ikhtiar untuk menyiapkan diri pada ajang PIONIR yang diselenggarakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Islam Kementerian Agama. Agenda IPPBMM PTKIN, adalah upaya konkrit dalam membangun bangsa Indonesia yang sehat dan berkarakter kuat.

Nilai-nilai kehidupan yang sangat berharga juga menjadi titik tekan dalam kegiatan IPPBMM PTKIN seperti nilai sportivitas, berbesar hati, rasa syukur, menghargai sesama, berkompetisis dalam kebaikan, saling mengenal dan sifat keterbukaan merupakan berbagai nilai yang bisa diperoleh melalui IPPBMM PTKIN Tahun 2018. 

Untuk cabang perlombaan yang dipertandingkan dan perlombaan dalam IPPBMM; Pertama, 10 (sepuluh) Cabang Olah Raga, yaitu: Kedua, 10 (sepuluh) Cabang Olah Raga, yaitu; Futsal, Bola Voli, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Panjat Dinding, Orientering, Sepak Bola, Kempo Nomor Embu Pasangan, Pencak Silat. Kedua, 8 (delapan) Cabang Seni, yaitu: Musabaqah Tilawah al-Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 10 Juz dan 30 Juz, Qira’atul Kutub, Kaligrafi Dekor dan Naskah, Debat Bahasa Arab , Debat Bahasa Inggris, Religy Pop Song, Hadroh. Ketiga, 2 (dua) Karya Ilmiah, yaiyu: Karya Ilmiah, Musabaqoh Menulis Isi Kandungan AlQur’an (M2KQ). (Buku Panduan IPPBMM VII,2018:1-2 dan 8-9)

Dalam sambutanya Rektor berpesan untuk meluruskan niat, ikuti segala proses perlombaan sesuai aturan dan berakhlak karim selama bertanding. “Saya titip pesan kepada seluruh kontingen UIN SGD Bandung yang akan mengikuti IPPBMM untuk; Pertama, Luruskan niat. Semuanya dalam rangka ibadah kepada Allah. Karena segala sesuatu itu tergantung niat. Maka jadilanlah olahraga ini dalam kerangka ibadah. Misalkan saat pertandingan futsal berlangsung dan berhasil memasukan gol, tidak menyebutkan kata-kata kotor, tapi keluarlah ucapan alhamdulillah sambil melakukan sujud syukur sebagai cerminan dari akhlak karimah,” tegasnya.

“Kedua, dalam setiap pertandingan untuk berkompetisi harus diikuti dengan cara ikhtiar lahir dan batin. Latihannya harus bagus, doanya mesti bagus supaya mendapatkan hasil atauprestasi yang membanggakan. Oleh karena itu, untuk mengawali setiap acara harus dimulai dengan berdoa yang dipimpin langsung oleh tim pendamping. Kalau perlu shalat yang sunah tidak ditinggalkan, malahan harus ditingkatkan dengan melakukan shalat tahajud,” paparnya.

Rektor sepakat untuk kontingen IPPBMM dari UIN SGD Bandung harus mendapatkan prestasi yang membanggakan dan dapat mempertahankan Juara Umum. “Jadi juara umum itu harus, tetapi lebih elok lagi berakhlak karimah dalam menghadirkan setiap pertandingan. Oleh karen aitu, jangan jadikan beban, tapi bebaskan dan serahkan segala ikhiar lahir dan batin kepada Allah untuk meridhoi segala aktivitas kita, sehingga modal kekuatan doa dan akhlak ini menjadi pemicu untuk meraih prestasi serta mempertahankan gelar juara umum,” pesannya.

Menurut Ketua Kontingen, Dr. H. Jaenudin, M. Ag kehadiran 90 atlet dari kontingen UIN SGD Bandung untuk mengikuti 18 perlombaan pada IPPBMM di Purwokerto ini, “Pelaksanaan IPPBMM di Purwekorto pada tanggal 24-27 April 2018. Jumlah kontingen UIN SGD Bandung yang ikut 90 orang, official dan pendamping berjumlah 37 orang. Cabang perlombaan yang akan diikuti sebanyak 18 Cabang,” paparnya.

“Untuk pemberangkatan dilakukan pada tanggal 23 April 2018 jam 08.00 WIB dari depan kampus UIN SGD Bandung dengan rute jalur Selatan. Untuk itu, dukungan doa dari seluruh civitas akademika UIN SGD Bandung sangat diharapkan. Mudah-mudahan predikat juara umum dapat diraih kembali pada acara IPPBMM di Purwokerto,” pungkasnya.

Secara simbolis Rektor UIN SGD Bandung menyematkan jaket dan topi kepada dua perwakilan kontingen dan menyerahkan bendera UIN SGD bandung kepada Ketua Kontingen. Sementara Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wawan Gunawan, S.Ag., MM menyerahkan segala fasilitas kepada official dan perwakilan cabang perlombaan. [Humas Al-Jamiah]