UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pusat Karir Mudahkan Peluang Kerja Bersama Perusahaan

[www.uinsgd.ac.id] Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pusat Karir UIN Bandung gelar acara Career Day dengan tujuan untuk menjembatani angkatan kerja dengan perusahaan, serta upaya pengenalan dunia kerja pada mahasiswa, di Aula Anwar Musaddad UIN Bandung (28/09/2018).

Berlangsung selama dua hari pada 28 sampai 29 September 2018, di aula Anwar Musaddad, rangkaian acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi seminar profesi dan job fair (Expo). Acara kali ini mengusung tema “Discovering Your Best Version Here”.

Ketua UPT Pusat Karir UIN Bandung, Betty Tresnawaty menjelaskan dengan persiapan yang terbilang singkat, pihakya menyebarkan 50 proposal, diantaranya kemudian dihadiri oleh tujuh perusahaan. “Perusahaan yang hadir kebanyakan lokal, yang nasional hanya Telkomsel saja”, ungkapnya.

Perusahaan lokal dan nasional yang hadir tersebut yaitu Psychological Service, POLRI, Telkomsel, PT. Valdo, WOM Finance Bandung dan BPRS HIK. Tiap perusahaan diberi kesempatan untuk mempresentasikan serta mengenalkan perusahaan mereka.

Sementara itu, Betty Tresnawaty menambahkan tiap perusahaan membuka lowongan kerja yang besar, terutama perusahaan Telkomsel yang memiliki akses luas kepada anak-anak perusahaan lainnya. “Jadi teman-teman bisa masuk ke web karir UIN Bandung itu sudah ada hubungan ke Telkomsel dan ke anak-anak perusahaannya, kemudian tidak terhitung jumlahnya. Sementara, nanti di situ kita bisa gunakan, karena di era digital ini surat lamaran itu lewat internet semua”, terang Betty.

Peluang lowongan kerja pun begitu banyak karena dari suatu perusahaan terhubung ke perusahaan lainnya. Beberapa perusahaan yang hadir di Job Fair seperti WOM Finance Bandung dan BPRS HIK tidak hanya untuk jurusan Syariah, Prodi Jurnalistik dan Humas pun memiliki peluang untuk bekerja di sana.

Seperti tanggapan mahasiswi semester 5 jurusan Psikologi, Astrid Nur Alfaradais menilai bahwa acara ini sangat bermanfaat, karena sekarang pekerjaan menjadi hal yang paling utama dan dicari banyak orang. “Dengan adanya job fair ini kita bisa mengeksplor terkait berbagai macam pekerjaan.” kata Astrid.

Ia juga mengatakan pekerjaan impiannya, yaitu menjadi Psikolog Anak. Stand Psychological Service yang hadir pilihan yang tepat di kunjungi untuk mendapatkan informasi dan ikut mendaftarkan diri menjadi tester psikolog anak.

Lebih lanjut, disinggung mengenai penyerapan lulusan UIN Bandung sebagai tenaga kerja, Betty Tresnawaty mengatakan dalam beberapa kasus, perusahaan lebih memilih lulusan UIN Bandung dibanding lulusan perguruan tinggi lainnya. Hal ini dikarenakan sikap ramah tamah yang dimiliki lulusan.

“Rencananya saya juga pengen bikin English Club for Bussiness sebagai program lanjutan, mudah-mudahan bisa terwujud disertai dengan motivasi dari mahasiswa-mahasiswa UIN Bandung sendiri.” kata Betty Tresnawaty. (Putri Restia Ariani, Lisna/Jurnalposmedia)