UIN Sunan Gunung Djati Bandung

FTK Gelar English Camp

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), UIN Sunan Gunung Djati Bandung mendapatkan kepercayaan dari pemerintah provinsi Satun, Thailand Selatan untuk memberi pelatihan bahasa Inggris . Kegiatan dilaksanak dari tanggal 21 Maret-8 April 2018 yang dikemas dalam bentuk English Camp for Overseas Students ini melibatkan 37 pelajar dan 3 orang guru bahasa Inggris.

Dalam pemantauan tim redaksi, kegiatan ini dikelola oleh program Pendidikan bahasa Inggris sebagai leading sector. Sampai berita ini diturunkan, para pelajar terlihat bersemangat mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarkan. Kegiatan yang  bersifat rekreatif dengan pendekatan Joyful and Active Learning ini mengombinasikan  kegiatan di luar dan di dalam ruangan (outdoor – indoor activities).

Para tutor  yang semuanya berpengalaman luar negeri mendapat pelatihan sebelum kegiaatan ini  diselenggarakan. Namun demikian, tim evaluasi yang dipimpin oleh Dr. Nia Kurniawati  masih melihat kekurangan dari kegiatan ini, antara lain: modul yang belum  sepenuhnya applicable dan penaman keterampilan berbahasa yang belum optimal.

Untuk  penyelenggaraan English Camp tahun depan ke dua aspek ini menjadi catatan penting program Pendidikan Bahasa Inggris. Di tempat terpisah Tim guru dari Thailand yang  diwakili Najwa Sa-ngabankhok, menunjukkan rasa senang atas apa yang dicapai para  peserta English Camp dan berniat mengirimkan kembali tahun depan. []