Kunjungan Akuntansi UNINUS ke Aksyar FEBI

(UINSGD.AC.ID)-Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Akuntansi Syariah (Aksyar) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mendapatkan kunjungan akademik dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) di Aula FEBI, Jum’at, (21/05/2021).

Kunjungan ini diterima oleh Wakil dekan 1 FEBI Dr. Deni Kamaludin Yusup M.Ag. ‘FEBI berusaha merancang program dan kurikulum yang mendukung implementasi MBKM yang sifatnya konstruktif dan dinamis. Tujuannya agar tidak hanya mengasah kemampuan kognitif atau aspek pengetahuan saja’, ujar Deni.

FEBI memberikan pandangan juga masukannya untuk prodi akuntansi Uninus. Kunjungan yang diharapkan dapat menghasilkan output berupa kerjasama utamanya di ranah MBKM ini juga disambut baik oleh Kepala Program Studi Akuantansi Syariah Dr. Iwan Setiawan, S.Ag, M.Pd, M.E.Sy .‘Di Uninus ada prodi akuntansi di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara di UIN ada Prodi Akuntansi Syariah di bawah naungan Kementerian Agama. Dari sini tentu ada perbedaan kurikulum dan mata kuliah yang dibawa. Akuntansi Syariah akan melakukan update dan menggunakan kurikulum 2021 hasil focus group discussion FEBI,’ jelas Iwan.

Dari perwakilan Uninus hadir Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Kepala Program Studi Akuntansi yang merasa tertarik dengan potensi spesifikasi bidang Syariah di prodi Akuntansi Syariah FEBI. Mereka ingin melihat mata kuliah dan kurikulum Akuntansi Syariah. Di dalamnya kan ada Ilmu ahlak dan Ilmu tauhid, ada juga Etika dan Komuniaksi Bisnis Syariah. Perwakilan dari FEBI menjelaskan asal muasal dan korelasi antar mata kuliah yang ada di prodi Akuntansi Syariah. ‘Prodi ini merupakan hasil konsorsium keilmuan UIN Bandung yakni dengan slogannya wahyu memandu ilmu’ tambah Iwan.

FEBI yang juga merupakan ‘bayi baru lahir’ sedang mempersiapkan diri untuk memperbaiki terus menerus kurikulumnya. ‘Kemarin kita sudah melakukan FGD dan workshop, hasilnya revitalisasi Kurikulum MBKM FEBI output nya akan disusun menjadi Buku Panduan Kurikulum dan penerapannya akan diarahkan untuk mempersiapkan lulusan yang unggul dan siap pakai,’ tutup Deni. (NRA)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *