id Indonesian

UIN-Wantannas: Jalin Kerjasama tentang Ketahanan Nasional

[www.uinsgd.ac.id] UIN SGD Bandung menjalin kerjasama dengan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dalam menciptakan ketahanan nasional yang unggul. Kesepakatan kerjasama antara UIN SGD Bandung dan Wantannas ini ditandai dengan penandatanganana nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor UIN Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M. Hum. dan Pembantu Deputi Urusan Lingkungan Strategis Internasional, Toto Siswanto, S.IP, MM, Brigadir Jenderal TNI di Aula Rektorat, gedung Al-Jamiah lantai II, Selasa (24/2).

Disepakati, kedua belah pihak akan melakukan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan, penelitian, penyelenggaraan seminar, semiloka baik di lingkungan kampus UIN SGD Bandung maupun di luar kampus. 

Dalam sambutanya Rektor menjelaskan kerjasama antara UIN SGD Bandung dengan Wantannas ini sangat penting, mengingat peran Perguruan Tinggi Agama Islam harus ikut andil dalam menciptakan ketahanan nasional untuk membela negara. “Dengan adanya kegiatan dan MoU antara UIN dengan Wantannas ini bisa memberikan kontribusi positif yang besar terhadap negara dalam mencipatan ketahanan nasional yang utuh,” tegasnya.

“Cinta dan bela terhadap negara itu sebagian dari Iman. Oleh karena itu, strategi agama sebagai ketahanan nasional ini telah dibuktikan oleh Rasulullah dalam mengelola negara Madinah dengan hadirnya Piagam Madinah,” jelasnya.

Toto berharap melalui kerjasama ini “UIN sebagai PT agama Islam harus berperan mengambil peran ketahanan nasional melalui agama dan kebudayaan dari pengaruh dan bahaya ideologi radikalisme, terorisme,” terangnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini kita bisa secara bersama-sama membangun ketahanan nasional dengan melibatkan PT, khusunya UIN SGD mengingat tindakan radikalisme di daerah Sunda semangin meningkat. Inilah peran UIN dalam memciptakan ketahanan nasional,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x