id Indonesian

(UINSGD.AC.ID) Pimpinan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung selalu mendorong mahasiswanya agar gemar menulis. Dengan harapan mereka memiliki semangat berkompetisi yang mampu melahirkan inovasi dan kreasi serta karya untuk kemajuannya di masa depan.

Itulah gagasan penting dijalinnya kerjasama antara FAH UIN SGD Bandung dengan PT Lativi Mediakarya (tvone), Selasa (23/11/2021). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Derektur PT Lativi Mediakarya Reva Deddy Utama dan Dekan FAH Dr H Setia Gumilar S.Ag, M.Si. Penandatangan dihadiri dan disaksikan oleh para wakil dekan, para ketua/sekretaris jurusan, dan Koordinator/sub koordinator Bidang Administrasi dan Ketatausahaan FAH.

FAH melakukan banyak upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa, antara lain: memberikan semangat pada mahasiswa agar antusias mengikuti aneka lomba maupun workshop penulisan karya religi; mempublikasikan sejumlah artikel untuk diakses oleh mahasiswa melalui jurnal maupun website.

Selain itu, menyediakan perpustakaan secara maksimal sebagai sumber inspirasi; dan menggiring mereka untuk terjun ke lapangan untuk menyampaikan aspirasi melalui fakta ke dalam tulisan ilmiah. Tujuannya agar mahasiswa terbiasa menulis,  bahkan secara pragmatis pada saat mereka diberi tugas menulis ilmiah, tidak menjadi beban bahkan bisa menyelesaikannya dengan baik.

“Jadi, tidak ada lagi alasan klasik, tidak bisa menulis karena tidak punya bakat, kurang motivasi, tidak ada waktu, atau kurangnya referensi. Harapan kami, tercipta budaya akademik yang baik, demi terwujudnya lulusan yang unggul dan kompetitif,” kata Dekan FAH Dr Setia.

Pencapaian harapan itu bukan perkara yang mudah, langkah awal perlu ada upaya  nyata dan berkesinambungan dalam hal ini perlu dilakukan kegiatan pelatihan khusus mengenai karya penulisan, agar mereka lebih memahami dengan jelas dasar-dasar dan teknik penulisan dengan segala bentuk kaidahnya.

Baca Juga  Pendaftaran Prodi Pilihan Ketiga Pada Lulusan PPA Baru 93 Orang

Kegiatan menulis pun memerlukan banyak latihan secara berkesinambungan, sehingga menghasilkan suatu karya tulisan yang layak dipublikasikan. Mereka pun perlu ditopang oleh penguasan teknologi informasi (TI), sehingga mampu memahami dan mengaplikasikan bidang keilmuan yang sangat menunjang proses akademiknya.

Melalui jalinan kerjasama dengan tvone, kata Dekan, akan banyak ruang dan peluang bagi mahasiswa untuk menyalurkan karya tulisnya. Tvone mendukung FAH dalam mengembangkan dan menyalurkan kemampuan dan keahlian para mahasiswa dalam menyediakan dan membuat artikel, tulisan atau narasi berita dan informasi dengan tema religi pada situs berita online tvonenews.com.

“Kita juga sepakat bekerja sama secara kelembagaan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia khususnya dalam pembuatan dan pemuatan tulisan religi para mahasiswa. Juga, dalam hal kegiatan bimbingan, pelatihan atau seminar. Termasuk kegiatan praktik kerja lapangan dan pemberiaan apresiasi atas artikel atau tulisan yang laik muat,” jelasnya.[nanang sungkawa]

Artikel Terbaru

0
Tinggalkan Pesanx
()
x