id Indonesian

Teknik Elektro dan Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Kuliah Umum Bersama

(UINSGD.AC.ID)-Teknik Elektro dan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Kuliah Umum Bersama Dr.Eng Khoirul Anwar, ST., M.Eng.secara daring media Zoom dan disiarkan langsung dalam kanal Youtube Fakultas Sains dan Teknologi, Sabtu (24/10/2020).

Kegiatan Kuliah umum merupakan kegiatan akademik yang rutin dilaksanakan oleh masing-masing jurusan di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi, kegiatan dapat memberikan pengetahuan baru bagi para mahasiswa selalu diisi oleh para pakar yang ahli dibidangnya, “berbeda dari tahun-tahun sebelumnya kali ini kegiatan kuliah umum dilaksanakan secara kolaboratif antara Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Informatika yang dilaksanakan secara daring,” tegasnya.


Dalam upaya memberi pencerahan kepada mahasiswa mengenai tren teknologi ke depan, sekaligus menggali ide-ide riset bagi mahasiswa, Kuliah umum kali ini dapat memberikan pencerahan yang dapat menjadi bekan dalam memperdalam keilmuan terutama dalam bidang Teknik Elektro maupun Teknik Informatika.

Dalam kesempatan itu Ketua Pelaksana, Edi Mulyana mengatakan bahwa gelaran Studium generale kali ini diikuti oleh Mahasiswa baru angkatan 2020 dan mahasiswa tingkat akhir jurusan Elektro dan Informatika sebanyak 487 peserta. Selain itu ada sekitar 40 mahasiswa UNIGA juga turut serta dalam acara ini.

Pelaksanaan studium generale kali ini Edi menambahkan, studium generale ini bisa memberi wawasan khususnya mengenai teknologi AI dan quantum information bagi mahasiswa.


Acara dibuka oleh Wakil Dekan II, Fakultas Sains dan Teknologi DR. Elis Ratna Wulan. Dalam sambutannya, DR. Elis menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini bisa memberi gambaran kepada mahasiswa tentang tren teknologi dan perlunya kita mempersiapkan diri menghadapi tantangan teknologi.
Dr. Eng. Khoirul Anwar, ST, M.Eng sebagai pembicara mengambil tema “ The Challenges on Artificial Intelligence and Quantum Information for Future Technologies: Preparing The Indonesia Golden Era 2045”. Yang berisi tentang teknologi Artificial Intelligence dan Quantum Information yang semakin diperlukan dalam tren teknologi saat ini. Teknologi tentu sangat diperlukan pengembangan terutama dalam menghadap Indonesia Emas pada tahun 2045. Dalam sesi diskusi, mahasiswa bertanya tentang ide-ide riset yang mugkin bisa dikembangkan.


Nanang Ismail, ketua Jurusan Teknik Elektro, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah acara rutin Jurusan Teknik Elektro yang dilaksanakan setiap tahun. Acara ini senantiasa mengangkat tema-tema terbaru sesuai perkembangan teknologi dan kondisi, pungkasnya. Cepy Slamet, selaku ketua Jurusan Teknik Informatika sangat berbahagia dan menyambut kolaborasi kegiatan ini, terlebih materi yang disampaikan juga sangat diperlukan oleh mahasiswa Teknik Informatika.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x