id Indonesian

Pusat Karier Gelar Sosialisasi Tracer Study 2020

Untuk membangun silaturahmi dan komunikasi di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Pusat Karier menggelar rapat dalam kantor tentang Sosialisasi Tracer Study 2020 untuk lulusan tahun 2020 yang berlangsung di gedung O.Djauharuddin AR, lantai II, Senin (10/08/2020).

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. H. Ija Suntana, M.Ag, Kepala Bagian Keuangan, Dr. H. Aep Saepudin Firdaus, M.Ag, Kepala Bagian Kemahasiswaan, H. Wawan Gunawan, S.Ag. MM tampil sebagai narasumber yang dipandu oleh Kepala Pusat Karier, Dr. Betty Tresnawaty, S.Sos, M.I,Kom 

Menurutnya, kegiatan Tracer Study 2020 dilakukan dari tanggal 10 Agutus sampai dengan 28 Oktober 2020 bagi lulusan tahun 2018, Tujuannya untuk mengukur proses, output, dan outcome pendidikan yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Gunng Djati. Sementara itu, targetnya adalah dapat melacak alumni lulusan tahun 2018 kurang lebih sekitar dua ribu orang, yang diharap bermanfaat bagi mahasiswa untuk membangun jaringan alumni, memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk persiapan karier setelah lulus, mendapatkan ide usaha, referensi pekerjaan, dan menemukan peluang lainnya.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M. Si, berharap, para alumni mendukung dan ikut berpartisipasi untuk mengisi survei tracer study tersebut. Hal senada disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. H. Ah. Fathoni, M.Ag. Beliau berharap supaya hasil tracer study memiliki dampak secara internal, dalam bentuk dukungan bagi data akreditasi, dan eksternal dalam bentuk informasi bagi para alumni untuk mengembangkan karir.

Ketua LPM, Ija Suntana, selaku mitra penjamin mutu kegiatan tracer study, memiliki sejumlah harapan pada kegiatan tracer study ini: Pertama, UIN Bandung memiliki data yang mendekati lengkap terkait aktivitas alumni. Kedua, terjadi konektivitas antar alumni sehingga mudah untuk membangun jejaring bagi kemajuan lembaga dan individu alumni. Ketiga, tersedia data yang mudah diakses pada saat proses akreditasi, baik prodi maupun institusi. Keempat, tercipta kultur yang baik dalam membangun big data dalam sistem pendidikan tinggi.

Kepala Pusat Karier, Dr. Betty berharap agar ada sinergi antara universitas, fakultas, prodi, dan mahasiswa yang lulus tahun 2018 untuk ikut mengisi survei ini, sehingga hasil pelacakan lebih representatif. “Kegiatan tracer study ini akan berjalan lancar dengan dukungan penuh dari semua unsur civitas akademika kampus untuk reputasi dan citra institusi yang semakin baik,” katanya.

Bagi para alumni lulusan 2018 di manapun berada diharap mengakses link berikut ini https://karir.uinsgd.ac.id/tracer_study/ “Demi kampus kita agar lebih baik, mari kita sinergi untuk berpartisipasi dalam kegiatan tracer study ini,” tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang tracer studi dapat diakses di website resmi UPT Pusat Karier UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada laman www.karir.uinsgd.ac.id. “Saya mohon dukungan dan keterlibatan aktif dari semua unsur civitas akademika untuk mensukseskan tracer study ini sangat diperlukan,” pungkasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x