id Indonesian

Per Tahun Dibutuhkan 11.000 Lulusan Ekonomi Syariah

[www.uinsgd.ac.id] Setiap tahun Perbankan Syariah membutukan sebanyak 11.000 lulusan ekonomi syariah. Peluang ini sangat terbuka lebar bagi mahasiswa atau alumni Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) dan Jurusan Muamalah Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Djati Bandung.

“Saya berharap FSH UIN SGD dapat menggenjot lulusannya untuk menangkap peluang kerja bagi lulusannya,” harap Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat, Dodi Suprianto, SE, MM dalam Temu Almuni Jurusan MKS FSH UIN Bandung, baru-baru ini.

Dijelaskan, secara nasional untuk kurun waktu lima tahun dibutuhkan lulusan  ekonomi syariah –dari mulai jenjang D3 sampai S3– sebanyak 39.000 orang, sepuluh tahun ke depan dibutuhkan 125.000 orang. Bahkan, lanjut Dodi, kebutuhan bisa lebih dari jumlah itu mengingat peluang lulusan ekonomi syariah sangat diperlukan oleh berbagai lembaga nonbank, lembaga keuangan syariah seperti Pasar Modal, asuransi, koperasi, akuntan publik, dan lembaga-lembaga umum lainnya.

MES Jabar, kata Dodi, siap bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi termasuk UIN Bandung, terutama dalam fungsi advokasi dan pengembangan jaringan dengan lembaga-lembaga pengguna sumber daya insani (SDI). “Ini penting untuk memenuhi kebutuhan sebelas ribu SDI per tahun tadi. Yang dibutuhkan tentunya lulusan yang berpotensi dan berintegritas.,” katanya.

Dekan FSH UIN Bandung Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas sangat mengapresiasi kesiapan MES yang ingin memberdayakan para lulusan FSH. “Saya mendukung MES sebagai penggiat ekonomi syariah hingga menjadi booming dan menjadi kekuatan ekonomi nasional. Kita pun akan gencar melakukan pencerahan kepada  masyarakat agar mereka faham dan sadar pada ekonomi syariah,” ujar Prof Oyo didampingi Sekretaris Jurusan MKS Dr Iwan Setiawan, S.Ag, M.Pd, M.E.Sy.

Dalam kesempatan itu, Prof Oyo meminta kepada alumninya agar memegang teguh komitmen, terutama dalam mambangun potensi diri, menjadi generasi penuh harapan. “Saya doakan para alumni kita menjadi pengusaha sukses yang mampu membuka lapangan kerja, membawa masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik,” jelas Prof Oyo, seraya mengharapkan alumninya juga tetap menjaga nama baik almamaternya, dan mencintai tanah air Indonesia. [Nank]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x