id Indonesian

PBAK 2021 Fakultas Psikologi secara Virtual

(UINSGD.AC.ID)-Sebanyak 229 mahasiswa baru mengikuti Pengenalan Budaya Akademik  dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, yang dibuka oleh dibuka oleh Dekan Fakultas, Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi, Psikolog, Selasa (31/08/2021)

Dekan Psikologi menjelaskan kegiatan PBAK 2021 ini merupakan rangkaian kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai pengenalan budaya Akademik, sejarah, visi dan misi, tata tertib, para civitas akademik, staf layanan administrasi akademik, sekaligus Organisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Meskipun terkendala oleh pandemi COVID-19, namun tidak menghalangi penyelenggaraan kegiatan. Fakultas Psikologi tetap menyelenggarakan kegiatan dengan beradaptasi melalui kemudahan teknologi digital, sehingga sudah dua kali PBAK Fakultas Psikologi diselenggarakan secara virtual terhitung sejak tahun angkatan 2020.

Pada kegiatan PBAK 2021 Fakultas Psikologi dihadiri oleh sejumlah dosen secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan terkendali. Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi., Psikolog. menyampaikan bahwa Fakultas Psikologi memiliki daya saing yang cukup tinggi. Pada penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri, terdapat 3000 calon mahasiswa yang mendaftar.

Dalam nasihatnya untuk Mahasiswa baru agar dapat menjadi mahasiswa yang berakhlak mulia.  “Menjadi mahasiswa bukanlah sesuatu yang mudah, banyak di antara remaja indonesia yang menginginkan status menjadi mahasiswa namun tidak bisa meraihnya. Ananda sekalian merupakan bagian kecil dari masyarakat indonesia yang dikehendaki Allah taala untuk menjadi mahasiswa. Selain itu, Fakultas psikologi daya tinggi cukup tinggi. Jalur mandiri 3000 pendaftar. Tapi hanya menerima sekitar 200 orang mahasiswa. Maka dari itu, ananda sekalian harus bersyukur yang dimaknai dengan bertekad dan berkomitmen untuk menjalani semua proses menjadi mahasiswa dari semester satu sampai menjadi sarjana. Tentu kami akan membantu ananda semua berkembang untuk menjadi pribadi yang baik dan siap menjalani  kehidupan nyata setelahnya.” tuturnya.

Baca Juga  UIN Bandung Bersholawat, Ajak Masyarakat Cinta Rasul & Kesenian Islam

Dr. Nani Nuranisah Djamal, M.Pd., M.Psi., Psikolog.  Wakil Dekan I  Fakultas Psikologi, Dr. Tahrir, S.Psi., M.Si. Wakil Dekan II Fakultas Psikologi,, Dr. Irfan Fahmi, S.Psi., S.Th.I., M.Psi., Psikolog. Wakil Dekan III Fakultas Psikologi menjadi narasumber Talk Show PBAK 2021 yang dipandu oleh Dr. Hj. Asti Meiza, M.Si., Dr. Rosleny, M.Si., H. Asep Saepudin Malik, M.Ag., Tintin Supriyatin, M.Psi., Psikolog.

Seluruh materi yang disampaikan oleh materi bertujuan untuk sebagai pengenalan awal budaya akademik bagi mahasiswa baru Fakultas Psikologi tahun angkatan 2021 yang akan memulai pembelajaran masih secara virtual atau online sejak Senin, 6 September 2021.

Dr. Irfan Fahmi, S.Psi., S.Th.I., M.Psi., Psikolog., menyampaikan mengenai kegiatan-kegiatan dan prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Fakultas Psikologi diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap mahasiswa baru. Hal ini disampaikan dalam materi Psychology Students Development Scheme” yang meliputi nalar dan keilmuan, organisasi dan kepemimpinan, minat dan bakat, pengabdian masyarakat, serta kewirausahaan.

Menurutnya, setiap mahasiswa sebaiknya dapat memaksimalkan peran sebagai mahasiswa yang tidak hanya kegiatan pembelajaran namun juga mengikuti berbagai kegiatan lain di luar pembelajaran untuk menjadi mahasiswa yang unggul dan kompetitif dengan tetap menunjung tinggi nilai-nilai dari akhlakul karimah.

“Kuliah memang penting, tapi sebagai mahasiswa juga penting untuk mengikuti kegiatan lain seperti organisasi, perlombaan dan kegiatan  lainnya. Karena dari itu semua dapat meningkatkan Soft skill kalian dalam melengkapi hardskills di bidang akademik dan dapat menjadikan kalian semua sebagai lulusan yang berkualitas,” pungkasnya (Nida)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x