Mari Kenali 5 Larangan di Bulan Rajab, Apa Aja

Ilustrasi larangan di bulan Rajab. (foto: Istimewa/Unsplash.com)

UINSGD.AC.ID (Kampus III) — Tidak hanya anjuran amalan yang dapat dilakukan pada bulan Rajab, terdapat beberapa hal yang wajib dihindari oleh umat Islam serta dilarang merusak nilai-nilai kemuliaan serta keagungan Allah SWT. Seperti yang diterangkan dalam surah At-Taubah Ayat 36 yang berbunyi:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Rajab merupakan salah satu bulan haram. Meskipun adanya keutamaan yang didapatkan dari ibadah yang dilaksanakan pada bulan ini.

Berikut ini 5 larangan yang wajib dihindari pada bulan Rajab;

1. Jangan berbuat dzalim pada diri sendiri
Melanggar semua perintah dan larangan Allah SWT. dapat mengotori diri kita dengan dosa, dan merupakan salah satu perbuatan dzalim terhadap diri sendiri. Seperti yang terdapat pada surah At Taubah ayat 36 di atas, pada bulan ini umat muslim dilarang mendzalimi diri sendiri karena hal tersebut merupakan perbuatan tercela dan akan mendapat siksaan yang pedih seperti yang dijelaskan pula pada surah Al-Hajj Ayat 25

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ ٱلَّذِى جَعَلْنَٰهُ لِلنَّاسِ سَوَآءً ٱلْعَٰكِفُ فِيهِ وَٱلْبَادِ ۚ وَمَن يُرِدْ فِيهِ بِإِلْحَادٍۭ بِظُلْمٍ نُّذِقْهُ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalangi manusia dari jalan Allah dan Masjidilharam yang telah Kami jadikan untuk semua manusia, baik yang bermukim di situ maupun di padang pasir dan siapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebagian siksa yang pedih.”

2. Tidak berselisih atau perang
Pada bulan rajab ini, umat muslim dilarang untuk merampas yang bukan hak nya dan merebut sesuatu yang dimiliki oleh orang lain yang akan menyebabkan selisih paham bahkan peperangan. Pada surah Al-Baqarah ayat 217 menjelaskan bahwa melakukan peperangan pada bulan haram adalah dosa besar.

3. Dilarang melakukan pembunuhan
Membunuh merupakan dosa besar dan memiliki konsekuensi yang sangat berat, dilarangnya melakukan peperangan agar tidak terjadinya pembunuhan. Jika melakukan tindakan tersebut maka dosa yang besar dapat dilipat gandakan ketika bulan Rajab ini.

4. Dilarang berbuat maksiat
Seperti halnya perbuatan baik akan mendapatkan pahala berlipat ganda ketika bulan Rajab, begitupun dengan perbuatan maksiat akan dilipat gandakan dosanya. Berbuat maksiat merupakan salah satu perilaku yang melanggar perintah Allah SWT. Saat melakukan perbuatan maksiat berarti dzalim terhadap diri sendiri.

5. Dilarang balas dendam
Balas dendam merupakan perbuatan buruk yang tidak benar, begitupun pada bulan haram ini, umat muslim dilarang untuk balas dendam. Karena bulan haram merupakan bulan yang khas dalam melaksanakan ibadah haji seperti pada bulan Zulkaidah merupakan bulan untuk persiapan ibadah haji, bulan Zulhijjah untuk pelaksanaan haji, bulan Muharram ialah bulan perjalanan pulang dari haji dan untuk bulan Rajab tujuannya agar umat Islam dapat melaksanakan ibadah Umrah.

Selain mengamalkan ibadah yang dianjurkan pada bulan rajab ini, sebagai umat muslim juga harus mematuhi larangan Allah SWT. Maka dari itu SGD Fighters mari kita memperbanyak amalan kita di bulan Rajab ini dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. (Taorena Sandra/Humas)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter