id Indonesian

Mahasiswa Kimia Juara Lomba Esai Nasional

(UINSGD.AC.ID)-Nadia Maharani Chandiza, mahasiswi Jurusan Kimia angkatan 2018 berhasil meraih Juara 2 Lomba Esai Nasional yang diselenggarakan oleh HMPS Biologi Universitas Mataram pada Mei 2021.

Nadia menulis esai bertema “Pelestarian Lingkungan di Masa Pandemi” yang berisi gagasan tentang pemanfaatan limbah masker untuk bahan bakar. “Limbah masker ini diolah dengan motode pirolisis dengan menekankan pada variasi suhu dan katalis sehingga menghasilkan gas metana yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga,” tegasnya, Selasa (8/6/2021).

Nadia mengaku bahwa pada awalnya sempat ragu untuk mengikuti lomba esai. Namun ia tetap berusaha sebisa mungkin menuliskan gagasannya sebelum batas akhir pendaftaran ditutup pada 25 Mei 2021. Nadia yang terinspirasi dengan sebuah quotes ” kewajiban kita adalah berusaha, bukan sebatas juara”, tidak menyangka esai yang ditulisnya masuk 5 besar pada perlombaan tersebut.

Perjuangan Nadia belum selesai sampai disitu. Peserta 5 besar harus mempersiapkan diri untuk mempresentasikan esainya di depan juri pada 3 Juni 2021 secara daring. Berkat kegigihannya, Nadia dinyatakan sebagai juara kedua dari 38 peserta lomba esai se-Indonesia yang diumumkan pada 4 Juni 2021 lalu.

Atas pencapaiannya tersebut, Nadia merasa sangat bersyukur. “Alhamdulillah, ini jadi pengalaman baru yang menarik”, ucap Nadia.* (Esty-FST)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x