UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BORANG ASSESMENT PROGRAM STUDI:

Literasi Pengetahuan Akreditasi

I. VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI

  1. Jelaskan justifikasi pembukaan program studi, mencakup aspek:
    a. urgensi penyelenggaraan (kebutuhan tenaga kerja nasional, regional, dan internasional);
    b. potensi dan kekuatan sumber daya program studi sarjana yang relevan;
    c. pengorganisasian penyelenggaraan Program Studi
    d. rekam jejak menyelenggarakan program studi sejenis
  2. Kemanfaatan Program Studi
    Jelaskan manfaat program studi terhadap: 1) institusi: terkait dengan visi penyelenggara dan tertuang dalam renstra PT dengan lengkap; 2) masyarakat: diuraikan dengan jelas dan realistik didukung oleh data yang lengkap dan akurat; serta 3) bangsa: mencakup peningkatan daya saing bangsa di bidang Pendidikan di tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional
  3. Keunggulan Program Studi
    Jelaskan keunggulan Program Studi meliputi: 1) pengembangan keprofesian mencakup kajian keilmuan pendidikan yang mendasarinya dan dilengkapi dengan kajian standar kompetensi sesuai dengan perkembangan ipteks merujuk pada praktek pendidikan di tingkat internasional dan regional; serta 2) ada perencanaan penambahan keahlian khusus dalam bidang pendidikan yang relevan dengan prodi.
  4. Berikan analisis mengenai potensi dan kesiapan institusi dalam mengelola program studi meliputi: 1) Sumber daya manusia (SDM), 2) Sarana dan prasarana (termasuk asrama mahasiswa), 3) Organisasi dan tata kelola, 4) Sistem informasi manajemen (SIM). Tuliskan laman SIM yang dapat diakses, dan 5) Keuangan.

Visi Keilmuan, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) serta Strategi Pencapaian Sasaran

  1. Jelaskan pengembangan keprofesian dalam 10 tahun yang akan datang mencakup aspek:1) perkembangan profesi; 2) standar kompetensi; dan 3) kasus-kasus yang berkembang. Penjelasan didukung data di tingkat nasional, regional, dan internasional.
  2. Jelaskan proses penyusunan VMTS (pengembangan keprofesian) dan strategi pencapaian sasaran program studi yang diusulkan berikut pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunannya yakni: (1) pemangku kepentingan internal (dosen, pimpinan institusi, mahasiswa, dan tenaga kependidikan), (2) pemangku kepentingan eksternal (perwakilan perhimpunan). Dilengkapi dengan dokumen/risalah rapat.
  3. Tuliskan VMTS pengnembangan keprofesian bidang ilmu yang relevan 10 tahun yang akan datang, mencakup:
    a. Tri Dharma PT
    b. Tahun capaian
    c. Tercantum dalam renstra

Kolom: Visi Keilmuan program studi, Misi,Tujuan, dan Sasaran

  1. Jelaskan strategi pencapaian tujuan Prodi yang mencakup: 1) sesuai dengan tujuan; 2) bagian dari rencanan strategis; 3) ada tahapan-tahapan waktu strategi pencapaian sasaran; dan 4) indikator yang jelas dan terukur.

II. KRITERIA PENDIDIKAN

A. Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum harus memuat capaian pembelajaran mengacu pada deskripsi level 6 (enam) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang terstruktur untuk tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi keilmuan program studi.

Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

  1. Capaian Pembelajaran

Tuliskan rumusan capaian pembelajaran program studi sesuai dengan level 7 (tujuh) KKNI berdasarkan aspek: 1) Standar kompetensi; 2) Kontekstualisasi kearifan lokal; 3) perbandingan standar kompetensi di negara lain.

  1. Jelaskan rencana prosedur martikulasi bagi mahasiswa yang belum memenuhi entry
    level behaviour yang memenuhi aspek: 1) kejelasan mata kuliah yang harus ditempuh;
    2) kejelasan pilihan strategi pembelajaran; dan 3) kejelasan alur penempuhan mata kuliah (sebelum masuk kuliah)
  2. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
    Lampirkan RPS dan silabus materi program studi. B. Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran adalah mekanisme pelaksanaan pembelajaran pada program studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan yang mencakup: 1) metode dan bentuk pembelajaran per mata kuliah, 2) sistem penilaian pembelajaran, 3) ketersediaan dan kelengkapan prasarana, sarana dan dana yang memungkinan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

  1. Jelaskan kesiapan pelaksanaan meliputi ketersediaan (1) buku kerja mahasiswa, (2) panduan, (3) bahan-bahan dan peralatan pembelajaran, (4) dosen pembimbing, (5) sarana prasarana, (6) buku penilaian kemajuan kerja, (7) referensi untuk pengembangan perangkat pembelajaran.
  2. Jelaskan kesiapan pelaksanaan PPL mulai dari (1) ketersediaan institusi mitra yang memenuhi syarat, (2) ketersediaan dosen pembimbing, (3) pendamping, (4) dokumen pemantauan dan evaluasi, dan (5) pola pembimbingan.
  3. Jelaskan sistem penilaian pembelajaran dan tata cara pelaporan penilaian yang transparan dan akuntabel yang diindikasikan dengan adanya metode yang sistematis, di antaranya untuk penyelenggaraan uji kompetensi/uji tulis dan unjuk kinerja untuk mengukur capaian pembelajaran, standar penilaian yang dikomunikasikan kepada mahasiswa di awal perkuliahan, dan tata cara pelaporan hasil evaluasi yang dapat diakses secara mudah oleh mahasiswa.

III. KRITERIA PENELITIAN

  1. Jelaskan ketersediaan pedoman penelitian yang meliputi standar hasil, standar isi (didukung oleh kebijakan untuk mendiseminasikan karya ilmiah dosen dan mahasiswa), standar proses, standar penilaian, standar peneliti, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pendanaan dan pembiayaan.
  2. Tuliskan judul penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi, sumber dana, dan jumlah dana.

IV. KRITERIA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat

1 Jelaskan ketersediaan pedoman Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang meliputi standar hasil, standar isi (didukung oleh kebijakan untuk mendiseminaskan karya ilmiah dosen dan mahasiswa), standar proses, standar penilaian, standar pelaksana, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pendanaan dan pembiayaan, dan kesesuaiannya dengan visi keilmuan, misi, tujuan serta sasaran program studi.Lampirkan dokumen terkait.

  1. Tuliskan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (yaitu, pelayanan/penerapan bidang ilmu) dosen Program Studi, sumber dana, dan jumlah dana.

V. KRITERIA KELUARAN DAN CAPAIAN

A. Pengajaran
Hasil dosen dalam bidang pendidikan yang di-HKI-kan meliputi :

  1. buku teks,
  2. buku ajar,
  3. media pembelajaran,
  4. monograf
  5. trainer kit (simulator),dan
  6. lain-lain

B. Penelitian dan Pengabdian
Jumlah karya ilmiah (artikel) yang dihasilkan berdasarkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan program studi dan bermitra bersama mahasiswa :

  1. Artikel jurnal lokal
  2. Artikel jurnal nasional
  3. Artikel jurnal internasional

Dr. Wahyudin Darmalaksana, MA, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung