id Indonesian

Kenalkan Sains Lewat Lomba Robotik

[www.uinsgd.ac.id] Robotika UIN SGD Bandung, menggelar Seminar dan Lomba Robotik. Acara tersebut bertujuan untuk mempopulerkan robotik di lingkungan kampus, sekaligus merubah paradigma mahasiswa terhadap kampusnya.

“Dalam aturan POKI itukan ada pengembangan sains dan teknologi, kami bermaksud untuk mengembangkan itu, jadi di UIN tidak hanya agama saja, tapi sains juga ada,” kata ketua pelaksana acara Dian Permana di Aula Fakultas Sains dan Teknologi, Sabtu (11/10/2014).

Mengangkat tema “lets make experience with technology of robotic”, beragam robot di perlombakan dalam acara yang digagas Badan Semi Otonom Senat Mahasiswa Saintek itu. Di antaranya Robot Sumo, Robot Kontrol Analog dan Robot Kontrol Digital.

Selain mahasiswa dari Jurusan Fisika, juga diikut sertakan dalam lomba yakni para pelajar dari tingkat SD, SLTP dan SMA. Mereka berlomba memasukan bola tenis meja ke gawang menggunakan Robot Digital yang dijalankan lewat remot control.

Dian berharap dengan adanya lomba robotik, bisa menyumbang minat orang-orang untuk mempopulerkan robotik. “Menyumbang ke penelitian, pembuatan robot, menyumbang pembelajaran bareng, dan banyak lagi,” ujarnya.

Dari pantauan Suaka, para penontot dan peserta yang mengikuti lomba terlihat antusias. Hal itu terbukti dari banyaknya peserta, terutama pelajar yang mengikuti kegiatan dan jumlah penonton yang hadir. Sebelumnya, digelar pula seminar robotik dengan pembicara Mada Sanjaya. [Adi Permana/Suaka]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x