id Indonesian

Gubernur Lepas 5.452 Mahasiswa Peserta KKN Tematik

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 5.452 mahasiswa dari 38 Perguruan Tinggi di Jawa Barat akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mulai dari bulan Juni sampai September 2013.  Dari jumlah tersebut, sekitar 1.000 mahasiswa mengikuti pelepasan secara simbolis yang dilepas oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Bale Asri Pusdai, Jalan Diponegoro, Senin (8/7/2013).

Dalam laporan Kepala Biro Pelayanan Sosial Dasar, Riyadi menjelaskan jika KKN Tematik kali ini sedikit berbeda dengan KKN Tematik tahun 2012 lalu. Masalah yang akan menjadi fokus tematik KKN tahun yaitu peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Jabar khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan daya beli masyarakat. “Tahun 2012 lalu, KKN Tematik masalahnya masih bersifat umum. Tapi untuk tahun ini, masalah atau tematiknya fokus pada program peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) khususnya untuk peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat,” ujar Riyadi.

Perlu diketahui sebelum melepas para mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan, Pemprov Jabar  telah memberikan bekal. “Kami telah memfasilitas lokakarya, tata kelola KKN dan bimbingan teknis laporan,” katanya.

Untuk KKN Tematik 2013 ini bertajuk “Jawa Barat Maju Bersama Kampus” itu diharapkan bisa menjadi akselerasi pembangunan Jabar dan terintegrasinya peran Perguruan Tinggi dengan  Pemprov Jabar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jabar. “Diharapkan mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang ada di masyarakat,” tutur Riyadi.

Peserta KKN Tematik ini akan ditempatkan di seluruh pelosok desa di Jabar mulai bulan Juli sampai September 2013 dengan jadwal yang telah ditentukan kampus masing-masing.

Dalam sambutannya, Gubernu Jabar berharap agar para peserta KKN mampu menerapkan ilmunya untuk membangun peradaban baru di tengah masyarakat. “Landasan pengetahuan yang dimiliki diharapkan akan membentuk intuisi ilmiah, sosial dan ekonomi. Selamat jalan, semoga sukses. Pada 10-15 tahun yang akan datang, ketemu lagi dengan mahasiwa ini akan menjadi orang hebat,” harapnya.

Pada penghujung acara secara simbolis, Gubernur Jabar memakaikan jas almamater dari 4 perwakilan Perguruan Tinggi di Jawa Barat sebagai tanda resmi pelepasan.

Adapun peserta KKN Tematik 2013 yang berasal dari kampus UIN SGD Bandung itu sebanyak 200 mahasiswa. Menurut Dr. H. Undang Ahmad K., M.Ag, Ketua Pusat KKM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa) Lembaga Pengabdian pada Masyarakat UIN SGD Bandung menjelaskan “Sekitar 200 orang mengikuti KKN Tematik 2013 ini. Jumlah 200 mahasiswa itu berasal dari 40 Jurusan atau Program Studi (Prodi) yang ada di UIN SGD Bandung dan setiap Jurusan atau Prodinya 5 orang,” pungkasnya. ***[Dudi, Ibn Ghifarie]

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x