id Indonesian

FST UIN SGD Lahirkan 36 Doktor dan 50 Hak Kekayaan Intelektual

(UINSGD.AC.ID) Meski dilanda pandemi Covid-19, namun Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) selama tahun 2020 membuat berbagai prestasi.

Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 2020 dengan 38 persen melebihi target dan 37 persen sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Sebagai contoh, jumlah dosen berkualifikasi pendidikan S3 tercapai sebanyak 36 orang dari target 35 orang dan jumlah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tercapai 50 HKI dari target 40 HKI,” kata Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliyah, M.Si, dalam rapat kerja FST UIN SGD, Kamis, 25 Februari 2021 dengan tema “ Bersinergi Menuju FST yang Religius, Unggul dan Kompetitif ”.

Rapat kerja tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FST.Pada rapat kerja juga diisi dengan family gathering secara daring dengan berbagai game menarik.

Di hadapan Rektor UIN SGD, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, dekan menyatakan, program Slstrategis yang telah dilaksanakan selama tahun 2020 yaitu penguatan SDM, penguatan tata kelola lembaga, pencapaian Visi FST, dan adaptasi pandemik.

“Untuk penguatan SDM, FST telah melaksanakan sosialisasi program akselerasi Lektor Kepala dan Guru Besar, workshop peningkatan pendagogik dosen, serta wokshop pelayanan prima,” jelasnya.

Dalam penguatan tata kelola Lembaga, FST menyelenggarakan workshop manajemen dan tata Kelola laboratorium menuju standar ISO 17025, pelayanan akademik dan administrasi secara online, pembentukan unit khusus FST dan penunjukan koordinator lab jurusan, serta migrasi dan integrasi Sistem Akademik (Siakad) FST ke Salam UIN.

Sementara dalam upaya mencapai Visi FST, dilaksanakan reakreditasi Program Studi Kimia dan Biologi, rakor revitalisasi lab, brainstorming akreditasi internasional ASIIN, penandatanganan MoA, pembinaan prestasi mahasiswa, serta workshop pembimbing tilawah.

“Alhamdulillah, prodi Kimia dan Biologi mendapatkan akreditasi A,” ujarnya.

Selain itu, FST juga telah melaksanakan beberapa program spesial pandemik bagi mahasiswa yaitu bantuan sosial PSBB dan training motivasi, serta program religi untuk dosen dan tendik (program tilawah, zikir pagi petang dan membaca alkahfi bersama-sama).

Selanjutnya, sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) FST 2020-2024 disampaikan langsung oleh Ketua Tim penyusunan Renstra, Asep Solih Awalluddin, M.Si. Struktur isi dari Renstra FST ini terdiri dari sembilan bab, diantaranya memuat stategi dan arah kebijakan FST yang sejalan dengan Visi, Misi dan Tujuan dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Adapun sesi sidang komisi terdiri dari Komisi I (Dosen) dan Komisi II (Tenaga Kependididkan) diisi materi oleh Wakil Dekan I, DR. Yudha Satya Perkasa, M.Si tentang Alur Akademik, Wakil Dekan II, Dr. Elis Ratna Wulan, M.T. tentang rubrik remun dan alur persuratan, serta Wakil Dekan III, Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si tentang SOP Kerjasama dan alur pengajuan beasiswa. ()

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x