UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Miftah Natsir, Mahasiswa UIN yang Menginspirasi

[www.uinsgd.ac.id] Rahasia Steve Jobs dalam membangun perusahaan Apple, yang kini menjadi perusahaan termahal dunia menjadi kalimat pemanasan pada acara Talkshow “Muda Mengispirasi” di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Sabtu (24/11).

Icon “I” dalam setiap produk Apple dalam bahasa indonesia berarti “saya”, menjadi salah satu rahasianya. Manusia harus memiliki kepercayaan yang sangat kuat terhadap potensi diri sendiri.

“Produk perusahaan apple, selalu diawali dengan huruf “I”. Seperti Iphone, Ipad, dan lainnya. Artinya, kita harus memiliki kepercayaan yang sangat kuat terhadap potensi diri sendiri. Yakini dengan hati, bahwa diri berharga,” ujar Idil, moderator sekaligus konsultan bisnis dan buku, Sabtu (24/11).

Dihadiri pembicara dari 3 generasi, diantaranya Muvti (28) founder Muda Inspira, telah mendapat penganugerahan sebagai Guru Motivator Muda. Miftah Nashir (23) mahasiswa UIN SGD Bandung,  Soul empowerment Coach, Enterpreneur, dan Hypnotherapist. Machfud Dendyanmahsa (18), public speaker, investor dan pemegang saham beberapa perusahaan besar nasional, internasional, juga salah satu murid motivator ternama Indonesia, Mario Teguh.

“Di setiap jatuh, harus yakin bahwa diri anda berharga. Kisah hidup anda bisa menjadi inspirasi, Tempelkan apapun impian anda. Hidup itu keajaiban, miracle, asal kita yakini dan nikmati,” kata Muvti, pendiri The Miracle, sebuah lembaga pelatihan motivator muda.

Para peserta diajak untuk mengangkat tangan dan menghadapkan telapak tangan kanannya kedepan.

“Coba anda fokus melihat tangan kanan anda. Pasti disekitar anda pun buram. Anggap tangan kanan itu masalah, dan disekitar anda adalah solusi. Maka janganlah fokus pada masalah, karena solusi yang bertebaran disekitar anda bisa menjadi buram,” terang alumni Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Sedangkan di materi kedua “Cara santai jadi pengusaha”, Miftah Nashir mengemukakan teori  Robert T. Kiyosaki, pakar kekayaan dunia. Untuk menjadi kaya, kita dianjurkan untuk tidak lama-lama berada di kuadran kiri (karyawan), tapi segera berpindahlah ke kuadran kanan (Bussines owner /pengusaha dan investor).

Negara-negara maju setidaknya memiliki 2 persen wirausahawan dari total jumlah penduduk. seperti Malaysia 2,1 persen, Thailand 4,1 persen, sedangkan Indonesia hanya memiliki 0,18 persen wirausahawan.

Materi ketiga dari Machfud Dendyan, ada 3 jurus terlarang untuk orang yang tidak ingin melejitkan potensi diri. Tetapi jika sebaliknya, maka 3 jurus ini sangat dianjurkan. Pertama, “Diri” yang bermakna kenal diri, berarti kenal tuhan. Temukan potensi melalui cita-cita, Kenali cita-cita melalui potensi. Kedua, “Dulu” yaitu Ikuti yang lebih dulu sukses. Ketiga, “Doa” yang berarti Permintaan dan pemantasan diri.

“Hanya anak muda yang bisa menyelesaikan masalah bangsa. Menyebarlah kalian, di Indonesia masih banyak yang membutuhkan inspirasi,” pungkas Muvti.***[SuakaOnline, ed. Dudi]