HMJ SI Terjunkan 60 Mahasiswa, Pengabdian Desa Mitra di Kab Bandung

(UINSGD.AC.ID) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerjunkan 60 mahasiswa untuk melakukan pengabdian Desa Mitra di Kampung Ciwaru, Desa Cilengkrang Kabupaten Bandung. Pengabdian berlangsung selama enam minggu, sejak 6 Maret sampai 10 April 2022.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan tahunan, sebagai program kerja HMJ Sastra Inggris, bidang Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (P2M). “Tahun ini adalah tahun ketiga bagi mahasiswa dalam mengabdikan ilmunya. Ini dalam rangka melatih mereka sebelum terjun ke masyarakat kelak,” jelas ketua pelaksana, R Bagus Hendri Lesmana.

Sebelum Pandemi Covid-19, kegiatan ini biasanya berlangsung selama satu semester (6 bulan), sekarang hanya 6 minggu, sejak 06 Maret sampai 10 April 2022. Kegiatan ini dipusatkan di Yayasan Qur’an Center Hidayatullah, difasilitasi Pemerintahan Desa Cilengkrang, dan dibimbing dosen ahli Hasbi Assiddiqi, MA.

Menurut Hasbi, mahasiswa Sastra Inggris dalam mengabdikan ilmunya dengan mengajar Bahasa Inggris dan melatih Baca Tulis Al-Quran (BTQ) kepada anak-anak usia dini dan sekolah dasar. Di lokasi pengabdian, wilayah garapan mereka dibagi tiga dusun. “Kami bersyukur, aparat pemerintahan desa sangat antusias, bahkan memfasilitasi setiap kegiatan, sehingga para mahasiswa semakin bersemangat,” kata Hasbi.

Ketersediaan sarana dan prasarana wilayah desa — seperti Balai Dusun, Taman Pendidikan Al-Quran, PAUD—pun sangat menunjang kelancaran kegiatan. Didukung dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan sosial. “Hal ini yang menjadikan suksesnya program pengabdian anak-anak Sastra Inggris,” ujarnya.  

Ditanya, fokus pengabdian berkelanjutan diarahkan kemana? Hasbi mengatakan, mengacu pada animo masyarakat yang terus meningkat, akhirnya kami dengan HMJ memutuskan untuk membuka “Pangaosan” yang  di dalamnya pengajaran Baca Tulis Al-Quran dan kursus Bahasa Inggris.[nanang sungkawa]

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter