Bangun Kepercayaan Klien, Prodi Humas Beberkan Pentingnya Komunikasi Bisnis

(UINSGD AC ID) — Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat (Humas) UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengenai membangun kepercayaan klien, diadakan seminar dengan tema “Business Communication Strategis for Building Client Trust” di Aula Fakultas Dakwah Komunikasi, Kamis (2/11/2023).

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Humas, dan turut dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dr. H. Dudy Imanuddin Efendi, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr. Encep Dulwahab, Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi Dr. H. Enjang Muhaemin, Kaprodi Ilmu Hubungan Masyarakat, Dyah Rahmi Astuti, M.Si, dan Kaprodi Ilmu Jurnalistik Abdul Azis Ma’arif, M.Si.

Seminar ini menghadirkan dua pembicara, Dr. Darajat Wibawa, dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan R. Nisa Atus Solihat, General Banker Manager PT Bank Mandiri (Persero).

Dalam materinya, Dr. Darajat Wibawa mengatakan, “Untuk mendapatkan kepercayaan ada hal-hal yang harus diperhatikan, di antaranya jangan membeda-bedakan klien, juga menjalin hubungan baik dengan jangka waktu yang panjang dengan klien. Komunikasi efektif di dalam sebuah bisnis dilihat dari aspek empati seorang pimpinan kepada konsumen,” tegasnya.

“Orang-orang komunikasi harus memiliki rasa empati dan kemanusiaan yang tinggi. Seseorang harus menguasai klien untuk mencapai goal dalam menyampaikan produk, atau mengajak mereka untuk bekerjasama,” lanjutnya.

Di samping itu, dalam membangun sebuah bisnis yang baik, pimpinan harus memahami peluang dalam dunia bisnis, agar dapat membangun kesepahaman antara pimpinan suatu bisnis dengan klien. Meskipun pada saat ini segala sesuatunya dapat dijadikan bisnis, namun tetap harus melihat apa yang sedang diminati dan diperlukan oleh masyarakat.

Masih berhubungan dengan dunia bisnis, pemateri kedua, Nisa Atus mengajak mahasiswa Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, “untuk sadar dan aktif dalam dunia digital, untuk memudahkan semua kegiatan di kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ria Agustira selaku moderator, menyimpulkan bahwa komunikasi bisnis bergerak sebagai alat dalam bisnis, salah satu elemen pentingnya melalui kemajuan teknologi. “Di samping itu, dalam memulai sesuatu, kita harus berani untuk mengambil langkah, keinginan untuk beraksi, dan memanfaatkan peluang yang ada,” pungkasnya. (Naura Jannah Rahmadyah)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *