Kembali Tuai Banyak Prestasi, Psikologi UIN SGD Bandung Raih 15 Medali dalam IPCOM III 2021

(UINSGD.AC.ID)-Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung meraih medali terbanyak dalam ajang Islamic Psychology Competition (IPCOM) III yang diselenggarakan secara daring dari 1 Desember 2021-5 Februari 2021 yang diumumkan secara luring di Universitas Islam Riau, Jumat (05/03/2022).

Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi., Psikolog menjelaskan IPCOM merupakan ajang penyelenggaraan keilmuan, olahraga, seni dan riset nasional khusus mahasiswa dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Islam Riau dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Alhamdulillah, Psikologi UIN Bandung konsisten meraih banyak prestasi dalam IPCOM. Mudah-mudahan capaian prestasi pada ajang keilmuan, olahraga, seni dan riset nasional dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam, terutama dalam bidang Psikologi,” tegasnya, Senin (07/03/2021).

IPCOM sebagai media untuk menggali potensi-potensi pemikir dan peneliti, serta seniman mahasiswa Fakultas Psikologi yang kreatif dengan fisik yang sehat dan bugar. “Oleh karena itu tidaklah salah kalau kegiatan ini merupakan ajang pembuktian diri dari mahasiswa untuk menampilkan kebolehannya dalam bidang lain yang digelutinya sesuai dengan minat dan bakat,” jelasnya.

Selain sebagai ajang pengasahan diri, even IPCOM ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi tahunan mahasiswa terhadap prestasi lokal yang telah mereka raih. “Penghargaan ini menjadi penting dalam kegiatan ini sebagai bagian dari indikator dari mahasiswa berprestasi,” tuturnya.

IPCOM yang digelar secara multi event setiap satu tahun sekali yang dimulai dari tahun 2019. “Kegiatan ini tidak semata hanya bersifat perlombaan semata, namun ukhuwah Islamiyahnya lebih di tonjolkan. Sehingga ada persaudaraan yang kuat menjaga hubungan silahtrahmi sekalian menempa prestasi dengan cara yang sportif, edukatif dan inovatif. Semua jenis lomba diselenggarakan secara online,” paparnya.

Untuk tahun 2021 ada 10 cabang kompetisi yang dilombakan adalah Psy Esai Dosen, PsyEsai Mahasiswa, Psy Paper, Psy Proposal, Psy Poster, Psy Puisi, Psy Pantun, Psy Fotografi, Psy Vlog dan Psy Lagu Religi.

Wakil Dekan III Psikologi, Dr. H. Irfan Fahmi, S.Psi, S.Th.I, M.Psi, Psikolog, CIPP menambahkan pada sebagian besar cabang kompetisi, Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung berhasil unggul dengan perolehan sebanyak 15 medali penghargaan. “Bahkan ada cabang lomba yang semua juaranya diraih oleh mahasiswa Psikologi UIN SGD Bandung,” tegasnya.

Kelima belas peraihan penghargaan tersebut di antaranya:

Psy Psy-Esai Dosen:
Juara 3 : Hilmi Agni Ruhiyat, M.Psi,

Psy-Esai Mahasiswa:
Juara 1: Anita Dewi, Nida Sofiatul Mardiah, Rahmaditya Salsabila
Juara 2: Dini Arifah dan Rita Wahyuni
Juara 3: Ristiani Ayuning Misyel Andini, Putri Amalia Nurul Ummah, Rahayu Ramadaniyati, Sabruna Aldini Maharani, Sabrina Fitrohromadona Aljabar.

Psy Puisi:
Juara 1: Imas Maskanah
Juara 2: Iqlima Nurkarima Maulidin.

Psy-Proposal:
Juara 2: Nahla Nurkholifah, Alawi Mahmud, dan Firdha Ananda Amalia.
Juara 3: Ristiani Ayuning Misyel Andini, Auza Azzahra, D. Via Tazkiyyah, Yanuary Nurul Hudaya

Penelitian Psikologi Islam
Juara 2: Syifa Nur Azzizah, Tri Lestari, Salma Farhanah, Mutiara Nathania Salsabila, Fatiya Tsabita Ikraman

Psy Vlog:
Juara 1: Muhammad Rais Muslim

Psy-Paper:
Juara 1: Aulia Intan Anabella
Juara 2: Imas Maskanah
Juara 3: Aryo Bimo Fathoni

Psy-Poster:
Juara 1: Cindy Giovani Yuselly, Mutiara Salsabila, Rangga Rijllul Haq, Istiqa Nurhillah Abdiny Malika, Sabrina Nurul Natasya
Juara 2: Almananza Puteri, Zalza Nur Fauzyah, Aldi Mulyana, Khansa Alisha Thabina, dan Maura Maulida.

“Dengan perolehan prestasi tersebut, tentunya Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung tidak akan berhenti di sini. Para mahasiswa akan terus termotivasi untuk bisa berprestasi tentunya dengan segenap dukungan dari Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung,” pungkasnya. (Nida)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *