PPL Mahasiswa Jurusan SI Menopang Standarisasi AUN-QA

(UINSGD.AC.ID) Di tahun kedua era Pandemi Covid-19, praktik profesi lapangan (PPL) mahasiswa Sastra Inggris (SI), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung semakin efektif dan produktif. PPL menghasilkan berbagai karya yang terintegrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menopang standarisasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) Jurusan SI pada tahun depan.

Wakil Dekan I FAH UIN SGD Dr Dadan Rusmana, M.Ag, CHS –mewakili Dekan Dr H Setia Gumilar, M.Si— menyampaikan apresiasi atas kinerja Jurusan Sastra Inggris, koordinator dan dosen pembimbing PPL. “Terima kasih pada semuanya! Hasil PPL ini berefek bagi kinerja kita semua,” ujar Dr Dadan, saat menutup kegiatan PPL mahasiswa Jurusan SI, Selasa (28/12/2021).

“PPL sekarang lebih banyak dilakukan melalui magang di lembaga pemerintah dan swasta: balai bahasa, museum, dunia usaha, industri, penerbit, corporate, dal lain-lain. Hasilnya sangat memuaskan, bahkan signifikan dalam peningkatan keilmuan dan keahlian,” jelas Dr Dadan.

PPL kedua masa Pandemi Covid-19 ini terasa sangat berbeda. Dan, semakin efektif juga produktif dalam menghasilkan Capaian Pembelajaran (Expected Learning Outcome/ELO). Karya mahasiswa yang berkolaborasi dengan dosen didokumenkan dalam 35 bentuk buku ber-ISBN, 30 karya yang dikukuhkan dengan HKI, dan karya ilmiah disubmit di berbagai jurnal bereputasi nasional.

Alhasil, PPL relevan dengan ELO Jurusan Sastra Inggris: sebagai analis sastra, analis bahasa, dan penerjemah bahasa. “Kita selalu memperhatikan relevansi berbagai mata kuliah dan struktur kurikulum dengan kebutuhan di lapangan. Kita berharap alumni mampu mengembangkan keilmuan dengan studi lanjut, pengembangan profesi terkait dengan dunia kerja, dan pengembangan masyarakat,” harapnya.

Tak kalah pentingnya, melalui PPL ini mahasiswa menjadi duta akhlak karimah, menjadi suri tauladan bagi masyarakat dalam hal pengabdian, etos kerja, kerja keras, kerja cerdas. “Ingat, 90 persen kesuksesan ditentukan oleh akhlak, dan 10 persennya ilmu pengetahuan,” pungkas Dr Dadan.

Menurut Ketua Jurusan Sastra Inggris, Dr Andang Saehu, M.Pd, CHS, di era Pandemi Covid-19 Jurusan SI tetap berkarya produktif. Kegiatan praktikum mahasiswa tetap berjalan dengan semestinya. Dengan cara mengubah model, mahasiswa tetap bisa melaksanakan praktikum dan menghasilkan  beberapa produk, seperti karya ilmiah, novel, dan film. “Kami mengapresiasi kinerja tim koordinator PPL dan para dosen yang mampu mengintegrasikan konsep MBKM ke dalam kegiatan PPL,” katanya.

Dijelaskan, program PPL mahasiswa SI semester V ini dimulai dari tanggal 03 Agustus 2021, monitoring 27 September dan 4 November, evaluasi sekaligus penutupan pada 28 Desember 2021. Acara penutupan dihadiri oleh 127 peserta PPL dan 25 dosen pembimbing. [nanang sungkawa]

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *