Aktivis Organisasi Jangan Melalaikan Tugas Utama Kuliah

(UINSGD.AC.ID) Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bandung Dr H Setia Gumilar, S.Ag, M.Si berpesan kepada para aktivis organisasi kemahasiswaan (Ormawa) agar tidak melalaikan tugas utama kuliah. Jangan sampai terdengar, banyak aktivitis yang terlalu fokus mengurus organisasi, tetapi kuliahnya lelet.

“Kuliah itu tugas utama, berkaitan dengan tanggung jawab Anda kepada orangtua. Mereka akan sangat bangga kalau Anda sukses kuliah juga sukses berorganisasi,” pesan Dekan usai melantik para pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FAH; Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Sastra Arab, Sastra Inggris, dan Sejarah Peradaban Islam, masa bakti 2021-2022, Jumat (27/08/2021).

Prosesi pelantikan yang digelar secara virtual ini diikuti oleh 155 partispan, dihadiri oleh para wakil dekan, ketua/sekretaris jurusan, ketua laboratorium, penngurus senat mahasiswa, serta koordinator/subkoordinator ketatausahaan.   

Dekan menjelaskan, Ormawa menjadi wahana pengembangan diri mahasiswa guna memperluas wawasan, menjadi  kaum cendekia, dan memiliki integritas kepribadian. Obsesi ini bisa tercapai manakala diimbangi dengan proses belajar yang serius melalui perkuliahan.    

”Sebagai mahasiswa FAH, Anda harus bisa menunjukkan kepada khalayak bahwa Anda itu memiliki tiga kecerdasan: intelektual, emosional, dan spiritual. Ketiga kecerdasan ini dalam rangka memanusiakan manusia, menunjukkan jati diri, dan mengankat harkat derajat manusia,” jelas Dekan.  

Karenanya, Dekan berharap kepada para aktivis mahasiswa pilihan atau calon intelektual ini, agar melahirkan ide-ide cerdas untuk memberikan jawaban terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa ini. “Dalam rapat kerja ormawa nanti, silakan rumuskan gagasan-gagasan brilian, untuk sumbangsih Anda kepada bangsa,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Dekan mengingatkan bahwa jabatan apapun di ormawa, itu merupakan amanah yang diberikan oleh para mahasiswa. Amanah Ini harus dijaga, dengan cara melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, memahami visi dan misi serta tugas pokok organisasi.

“Selamat kepada pengurus baru Dema dan HMJ, semoga semuanya diberi kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan organisasi. Dan, semoga perjuangan dalam rangka meningkatkan kualitas ormawa ini, menjadi ladang pahala di mata Allah SWT, amin,” pungkasnya.[nanang sungkawa]

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *