• (022)7800525
  • info@uinsgd.ac.id
  • Jl. A.H. Nasution No.105, Cibiru, Bandung 40614
id Indonesian

UIN Siapkan Generasi Qurani

[www.uinsgd.ac.id] Kebijakan wajib hapal Al-Quran juz 30 sebagai syarat utama untuk mengikuti ujian Komprehensif, sidang Skripsi (Munaqosah) di lingkungan UIN SGD Bandung, maka jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menggelar perlombaan “Senandung Ayat Anak Bangsa (SAAB)” sebagai usaha menyiapkan generasi dan lulusan UIN SGD Bandung yang Qurani yang diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari 8 orang putra dan 8 orang putri yang dilaksanakan di Auditorium UIN SGD Bandung, Jumat (10/5)

Menurut Ramlan Burhanuddin, Ketua Perak (Pekan Raya Pendidikan Kimia) tahun 2013 menjelaskan acara perlombaan tahfidz merupakan rangkaian dari Perak 2013. “Jumlah pesertanya 16 orang. 8 puta dan 8 putri. Untuk tahun sekarang perlombaan tahfidz ini masih terbatas di lingkungan internal Kimia. Mudah-mudahan tahun depan bisa melibatkan seluruh mahasiswa UIN SGD Bandung,” tegasnya.      

Sebelumnya telah digelar perlombaan Chemistry Quiz (CQ) “Think Smart to be a Winner” tingkat SMA/MA Se-Jawa Barat yang dibagi 5 regional; I (Karawang, Purwakarta, Bekasi dan Subang), II (Cianjur, Sukabumi dan Bogor), III (Majalengka, Indramayu, Kuningan dan Cirebon), IV (Ciamis, Tasikmalaya, Pangandaran dan Banjar) dan V (Bandung Raya, Garut dan Sumedang). “Untuk perlombaan CQ yang telah dilaksanakan hari kemarin dimenangkan oleh SMA 22 Bandung, MA Cipasung,” paparnya.

Ihwal kriteria yang diperlombakan pada Tahfidz ini, “Makhorijul huruf, Hafalan, Nada. Caranya dengan menebak surat, meneruskan bacaan, bacaan sebelumnya dan  ayat ini termasuk suarat apa?” jelasnya.

“Untuk tim Juri semuanya dari UPTQ UIN SGD Bandung yang telah diakui ketahfidzannya,” sambungnya.

Ramlan berharap “Mudah-mudahan dengan adanya perlombaan tahfidz di tingkatan jurusan Kimia ini menjadi barometer untuk bisa atau tidaknya mengikuti ujian Kompre dan Munaqosah seperti yang telah diberlakukan oleh Kampus bahwa lulusan UIN SGD itu harus hafal Al-Quran minimal zuj 30,” pungkasnya.***[Ibn Ghifarie]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x