id Indonesian

Tekad Kuat FAH UIN SGD Sukseskan Program MBKM

(UINSGD.AC.ID) Keseriusan pimpinan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung dalam memelihara komitmen selalu terpadu dalam langkah nyata. Hal itu terlihat pada saat menjalankan ikhtiar dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Didasari dengan niat yang tulus, berkontribusi di bidang pengelolaan pendidikan, bakal terwujud manakala didasari komitmen bersama menuju satu tujuan, bersama memelihara dan mengembangkan mutu akademik.

Langkah sudah dijejakkan, gayung selalu bersambut, dan ternyata sambutan nyaring yang mewujud nyata. Ikhtiar awal mewujudkan berbagai kerjasama dengan para pihak yang terkait langsung program MBKM dilakukan secara marathon.

Pada 5 Oktober 2021, dilakukan pendandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). MoA ditandatangani langsung oleh Dekan  FAH Dr H Setia Gumilar, S.Ag, M.Si dan Dekan FPIPS UPI Dr Agus Mulyana, M.Hum.  

Sebelumnya, 30 September 2021, MoA dilakukan dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Penandatanganan dilakukan Dekan FAH UIN SGD Dr H Setia Gumilar, S.Ag, M.Si dan Kepala Disparbudpora H Hari Tri Santosa, SA, P,MM.

Pada 4 Oktober 2021,  MoA dilakukan dengan Disparbud Kabupaten Garut, ditandatangani langsung Dekan FAH Dr H Setia Gumilar, S.Ag, M.Si dan Kepala Disparbud H Budi Gan Gan  Gumilar  Santosa, SH,  M.Si.

“Kita mesti mempererat dan memperkukuh hubungan kerjasama, untuk  meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan meningkatkan kualitas lulusan,” jelas Dekan FAH, Dr Setia Gumilar, didampingi para Wakil Dekan, Ketua/Sekretaris Jurusan, dan Koordinator Bidang Administrasi dan Ketatausahaan FAH.

FAH UIN SGD dengan FPIPS UPI akan mengembangkan pendidikan, terutama dalam program MBKM  merujuk  Permendikbud No. 3 Tahun 2020, yang meliputi kegiatan: pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan Pendidikan, riset/penelitian, proyek  independen,  proyek  kemanusiaaan, pengembangan kewirausahaan dan membangun desa/kuliah kerja  nyata tematik.

Baca Juga  Rektor Siap Bantu Fasilitasi Anis dan Dede ke Jenjang S2

Dengan Disparbud, lanjut Dekan, bekerjasama dalam upaya pelestarian dan pengembangan  kebudayaan   sebagai usaha mendukung dan meningkatkan kegiatan  pariwisata. Lalu mengadakan  program kegiatan dalam bentuk peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang  nilai   budaya melalui penyediaan narasumber;  tim  ahli;  kegiatan penelitian, seminar dan diskusi, serta promosi  nilai-nilai budaya; kegiatan praktikum dan  pemagangan  mahasiswa.

Penting juga berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pengembangan  budaya. Kegiatannya meliputi: pelestarian dan aktualisasi nilai budaya dalam rangka menggali potensi pariwisata; pembinaan organisasi kebudayaan;  membangun kemitraan pengelolaan kebudayaan; dan pemberian dukungan, penghargaan dan kerjasama di bidang kebudayaan.(ns)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x