id Indonesian

SPI UIN Bandung – UIN Palembang Gelar Kuliah Tamu

UINSGD.AC.ID- Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr H Setia Gumilar, M.Si menyambut baik kegiatan Webinar Kuliah Tamu 2021, yang digelar oleh Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) FAH UIN SGD Bandung dan FAH UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (07/04/2021).

Kegiatan ini, kata Dekan, sebagai pengejawantahan program kerja yang sudah disepakati bersama dalam nota kesepahaman, baik antar-fakultas maupun program kerja yang sudah dirumuskan dalam Forum Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA).

“MoU tidak hanya tertulis di atas kertas, tetapi harus ada impelementasinya. Salah satunya adalah webinar antarprodi,” tegas Dekan Dr Setia, saat memberikan sambutan dalam pembukaan webinar yang bertajuk ‘Sejarah Islam dan Budaya Lokal: Arab, Melayu, dan Sunda”.

Dr Setia menganggap webinar ini memiliki nilai rekognisi bagi para dosen, selain penelitian, pengabdian, workshop, atau karya ilmiah yang disitasi secara nasional atau internasional. “Kita tahu rekognisi ini sebuah standar dan tuntutan bagi kita, guna meningkatkan mutu lembaga/perguruan tinggi,” jelasnya.

Dekan FAH UIN Raden Fatah Dr Endang Rochmiatun, M.Hum juga mengapresiasi kegiatan kerjasama webinar ini. Dan, ia mengharapkan kerjasama ini tidak sebatas webinar, tetapi agendanya lebih luas, misalnya praktikum lapangan atau penelitian bersama tingkat nasional dan internasional.

“Para dosen FAH UIN Bandung juga berkesempatan menjadi narasumber kuliah umum untuk mahasiswa kami,” ujar Dr Endang, yang juga menjadi narasumber webinar sesi pertama, pada mata kuliah Islam dan Budaya Lokal.

Sementara, Ketua Prodi SPI UIN SGD Dr H Samsudin, M.Ag menjelaskan, webinar ini terdiri dari dua sesi.  Sesi 1  untuk semester VI: Mata kuliah Antropologi Budaya  (Dr Amilda, M.Hum/ Drs H Aam Abdilah, M.Ag); Mata kuliah Islam dan Budaya Lokal (Dr Endang Rochmiatun, M.Hum).

Sesi 2A untuk semester II: Mata kuliah Filologi (Dr Nyimas Umi Kalsum, M.Hum/Dr Dedi Supriadi, S.Ag, M.Hum); Mata kuliah Kajian Naskah (Sholeh Khudin, S.Ag, M.Hum); dan Mata kuliah Sejarah Pemikiran Islam Klasik (Padila, SS, M.Hum)

Sesi 2B untuk semester IV: Mata kuliah Gerakan Modernisme Islam (Nurfitri Hadi, MA);  Mata kuliah Sejarah Islam Indonesia (Dr Nor Huda, M.Ag, MA); Mata kuliah Sosiologi Budaya (Dr Mohammad Syawaludin, M.Ag); Mata kuliah Islam dan Peradaban Melayu (Fitriah, SS, M.Hum); dan Mata kuliah Sejarah Pemikiran Modern Islam (Dr Samsudin, M.Ag).

“Ke depan, kita agendakan para dosen FAH UIN SGD Bandung juga menjadi narasumber webinar untuk para mahasiswa FAH UIN Raden fatah Palembang,” ujar Ketua Prodi SPI UIN SGD Dr Samsudin, didampingi Sekretaris Dr Widiati Isana, M.Ag.[nanang sungkawa]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x