id Indonesian

Sosialisasi Pengisian Borang AMAI

[www.uinsgd.ac.id] Seluruh Ketua Jurusan/Program Studi dan staf administrasinya mengikuti Sosialisasi Pengisian Borang AMAI yang didelar Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN SGD Bandung dengan menghadirkan narasumber: Dr. Ramdani Wahyu S.,M.Ag. M.Si., Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Dadan Rusmana, M.Ag., Ketua Laboratorium Fakultas Abad dan Humaniora (FAH) yang didampingi oleh Dr. H. Dindin Jamaluddin, M. Ag., Ketua LPM dan Dr. Ija Suntana, M. Ag., Sekretaris LPM di Aula Rektorat, Gedung Al-Jamiah lantai II, Kamis (5/6). 

Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) merupakan salah satu bentuk penilaian terhadap mutu penyelenggaraan kegiatan akademik pada suatu perguruan tinggi sesuai dengan standar yang ditetapkan setiap semester. Penilaian dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Komponen-komponen yang dinilai dipilih sesuai dengan prioritas yang disepakati dan relevan dengan standar mutu akademik. Agar pelaksanaan AMAI dapat dilakukan dengan baik maka diperlukan penetapan arah dan alur pelaksanaannya.

Komponen butir mutu yang diaudit mengacu kepada standar mutu yang berlaku pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung. AMAI pada Tahun Akademik 2013/2014 merujuk pada standar mutu yang telah ditetapkan pada tahun 2008. Pelaksanaan AMAI tahun 2014 merupakan lanjutan pelaksanaan Audit Mutu Pembelajaran dan Audit Mutu Mahasiswa, Dosen, Kurikulum dan Pembelajaran pada tahun 2010/2011. Pada kegiatan Audit Mutu Internal tahun akademik 2013/2014 ini, akan dipenuhi seluruh butir mutu pada empat komponen tersebut ditambah dengan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Menurut Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, AMAI ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan evaluasi ketercapaian standar mutu akademik pada Program Studi/Jurusan dan pengelola terkait. Hasil AMAI dapat dimanfaatkan sebagai umpan balik bagi penyelenggara kegiatan akademik, bahan evaluasi untuk melakukan program perbaikan, dan merupakan gambaran profil tingkat mutu akademik pada tingkat Program Studi di lingkungan UIN SGD Bandung. 

Mengenai Sasaran AMAI adalah pencapaian kelompok standar mutu mahasiswa yang terdiri dari 37 butir mutu, dosen yang terdiri dari 40 butir mutu, kurikulum yang terdiri dari 41 butir mutu,  pembelajaran yang terdiri dari 48 butir mutu, penelitian yang terdiri dari 21 Butir mutu dan pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari 12 butir mutu yang tersebar pada Program Studi dan Jurusan jenjang sarjana pada semua fakultas dan beberapa unit pelaksana teknis di lingkungan UIN SGD Bandung. “Pelaksanaan AMAI dilakukan oleh para Auditor yang dipandang memahami pengetahuan, keterampilan, dan penilaian pengelolaan kegiatan akademik perguruan tinggi,” paparnya. 

Kegiatan AMAI tahun 2013/2014 diprioritaskan pada 6 (enam) komponen, yaitu  Mahasiswa, Dosen, Kurikulum, dan Pembelajaran yang berjumlah  199 butir mutu dari standar mutu sebagaimana yang ditetapkan dalam Standar Mutu UIN SGD Bandung.  “Dengan adanya AMAI ini mudah-mudahan tidak jadi beban baru bagai Ketua Jurusan atau Prodi beserta staf administrasinya untuk meningkatkan kualitas mutu akademik di lingkungan UIN SGD Bandung,” terangnya.

Bagi Ketua LPM menjelaskan dengan diadakannya kegiatan Sosialisasi Pengisian Borang AMAI ini diharapkan bisa ikut meningkatkan kualitas dan mutu akademik di lingkungan UIN SGD Bandung. “Mengingat kita sedang mempersipkan akreditasi lembaga yang syarat utamanya itu kualitas dan mutu akademik sangat baik dengan mendaptkan nilai A untuk akreditasi Jurusan atau Prodinya,” paparnya.

Prodi yang mendapatkan nilai A diantaranya; Fakultas Adab dan Humaniora: Sejarah Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Inggris (BSI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA); Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam (PAI), Menejmen Pendidikan Islam (MPI); Fakultas Ushuluddin: Perbandingan Agama (PA), Tafsir Hadis (TH) dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Manajemen Dakwah (MD). “Oleh karena itu, keikutsertaan seluruh komponen civitas akademik UIN SGD Bandung untuk menuju akreditasi universitas ini sangat diperlukan. Caranya dengan mengikuti AMAI sebagai bagian dari meningkatan mutu akademik,” pungkasnya.[]

 

 

 

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x