id Indonesian

Seminar Nasional Biologi 5: Potensi Biodiversitas Lokal untuk Ketahanan Pangan Nasional

(UINSGD.AC.ID) Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Seminar Nasional Biologi 5 tahun 2020 bertajuk “Potensi Biodiversitas Lokal untuk Ketahanan Pangan Nasional” yang dibuka secara resmi oleh Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, Kamis (08/10/2020)

Dr. Ir. Denny Rusmana, S.Pt, M.Si (Nutrisi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran), Tjandra Anggraeni, Ph.D (Integrated Pest Management, SITH-ITB) tampil menjadi narasumber yang dipandu oleh Dr. Tri Cahyanto, M.Si, (Ketua Laboratorium Terpadu)

Dalam sambutannya Rektor sangat mengapresiasi ikhtiar meningkatkan marwah kampus dan mutu pendidikan Islam. Meskipun dalam suasana pandemi covid-19, Prodi Biologi masih tetap menyelenggarakan Seminar Nasional secara virtual.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki semboyan Wahyu Memandu Ilmu. Tentu saja itu bisa menjadi dasar tentang Biologi dalam perspektif Alquran dan as-sunnah, sehingga ilmu, gagasan berkenan dengan ini terus dikembangkan. “Saya yakin dan saya percaya bahwa seminar hari ini yang dilaksanakan oleh teman-teman sangat signifikan, baik yang terkait dalam konteks kekinian maupun masa-masa yang akan datang, baik yang menyangkut jangka pendek, menengah maupun jangka panjang sebagai solusi terhadap segala persoalan-persoalan yang dihadapi,” tegasnya.

Rektor menegaskan dari Seminar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk ketahanan pangan nasional. “Ini menjadi sesuatu yang menarik karena kita tahu bahwa keanekaragaman hayati dunia didominasi oleh negeri kita. Seharusnya Indonesia menjadi negeri terdepan,” jelasnya.

Menurutnya, dari situasi dan kondisi ini diharapkan lahir pakar di bidang biologi yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola segala potensi yang dimiliki untuk menjadi kekuatan besar dalam ketahanan pangan. “Saya berharap dengan seminar yang dilaksanakan oleh teman-teman saat ini paling tidak dari peserta seminar bisa memberikan edukasi sekaligus rekomendasi terhadap situasi yang ada. Kendatipun dalam suasana wabah Corona, ketahanan pangan anak bangsa atau bangsa Indonesia tetap bisa kuat, bertahan,” ungkapnya.

Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si menjelaskan di tengah kondisi Covid yang masih melanda Indonesia dan dunia, Jurusan BIologi tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan Seminar tahunan Semabio yang di tahun 2020 ini memasuki tahun ke-5 penyelenggaraannya.

“Untuk itu, atas nama FST kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Jurusan Biologi di bawah komando Dr. Ana Widiana, M.Si dan ketua Panitia Semabio, Isma Dwi Kurniawan, M.Sc dan tim atas dedikasinya mensukseskan acara ini. Terlebih lagi, tema yang diangkat mengenai biodiversitas lokal untuk ketahanan pangan nasional sangat relevan di tengah kondisi saat ini,” tuturnya.

Kita ketahui di dalam beberapa sektor kehidupan, Covid memberikan dampak yang besar, termasuk salah satunya dalam distribusi pangan. “Namun, bersama kesulitan, kita sangat yakin bahwa Allah selalu memberikan solusi atas masalah kita selama kita tetap berusaha,” ujarnya.

Usaha untuk mengeskplorasi biodiversitas di wilayah sekitar kita yang berpotensi sebagai bahan pangan menjadi tantangan bagi kita semua, termasuk kalangan ilmuwan Biologi. “Semoga dari silaturrahim ilmiah ini, terjadi transfer informasi dan diperoleh gagasan-gagasan baru untuk menjawab tantangan tersebut. Di sisi lain, melalui Semabio semoga semakin memperkuat eksistensi Jurusan Biologi sebagai bagian dari FST UIN SGD Bandung, di masyarakat ilmiah bidang sains,” tandasnya.

Ketua Jurusan Biologi FST, Dr. Ana Widiana, M.Si menuturkan Seminar Nasional ini diikuti oleh 420 peserta yang terdiri dari 146 pemakalah yang berasal dari 39 Kota dan 27 Institusi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tujuanya digelar seminar tahunan yang kelima ini sebagai sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi dan mahsiswa di bidang Biologi untuk meningkatkan semangat penelitian dan publikasi ilmiah bertema biodiversitas Indonesia.

Seminar Nasional Biologi ini terselenggara berkat UIN Raden Intan Lampung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Ternate dengan mitra penduduk Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), Asosiasi Dosen Biologi dan Pendidikan Biologi PTKIN dan Ikatan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI).

“Makalah terpilih akan dipublikasikan pada mitra Jurnal Biodjati, Jurnal Al Kauniyah, Jurnal Biotropika, Jurnal Biogenesis. Semoga dengan adanya kegiatan Seminar Nasional Biologi ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, negara dan berkontribusi positif untuk ketahanan pangan nasional yang diawali dari biodiversitas lokal,” pungkasnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x