SAATNYA MELAKUKAN REAKTUALISASI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM

(UINSGD.AC.ID)-Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk mendorong, membantu serta membimbing seseorang untuk mengembangkan segala potensinya sehingga ia mencapai kualitas diri yang lebih baik.

Inti dari pendidikan adalah usaha pendewasaan manusia seutuhnya (lahir dan batin), baik oleh orang lain maupun oleh dirinya sendiri, dalam arti tuntutan yang menuntut agar anak didik memiliki kemerdekaan berpikir, berekspresi, berbicara, dan bertindak serta percaya diri dengan penuh rasa tanggung jawab dalam setiap tindakan dan perilaku kehidupannya sehari-hari.

Pendidikan Islam adalah konsep pendidikan yang didefinisikan secara akurat dan bersumber pada ajaran (agama) Islam. Hal ini perlu ditegaskan untuk menghindari akulturasi model pendidikan non-Islam yang “terpaksa” dilegitimasi oleh Islam sebagai model pendidikan Islam, padahal isi dan semangatnya tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Buku ini akan memberikan suatu penjelasan mengenai konsep dasar pendidikan Islam sebagai upaya mewujudkan pendidikan yang bernilai ilahiah dan insaniah di Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua kalangan, khususnya bagi mereka yana haus akan nilai-nilai pendidikan yana Islami.

Dengan terlebih dahulu mengeksplorasi konsep paradigma pendidikan, buku ini menguraikan paradigma pendidikan Islam berkenaan konsep Tuhan dan manusia, serta upaya-upaya alternatif merefleksikannya. Disajikan pula salah satu perspektif filsafat untuk memperkaya wacana paradigma pendidikan Islam, khususnya untuk mengungkap konsep Tuhan, manusia dan alam dalam perspektif perrenial.

Bagian akhir buku ini menggambarkan dan menganalsiis paradigma pendidikan nasional berdasarkan Pancasila, sehingga terlihat relevansi dan posisi yang dapat dimainkan oleh pendidikan Islam yang diselenggarakan di Indonesia.

Untuk mengetahui buku Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam: Ikhtiar Mewujudkan Pendidikan Bernilai Ilahiah dan Insaniah di Indonesia karya Tedi Priatna, M.Ag yang diterbitkan oleh Pustaka Bani Quraisy, Bandung tahun 2004 dapat diunduh pada laman ini

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter